Valentino Rossi dan Yamaha Berpisah di Portugal

Lepas dari Yamaha, The Doctor akan bergabung ke tim satelit Petronas Yamaha
Supriyanto - Sport,Jumat, 20-11-2020 11:50 WIB
Valentino Rossi dan Yamaha Berpisah di Portugal
Seri pamungkas MotoGP 2020 di Portugal menjadi ajang perpisahan Valentino Rossi dengan Yamaha.

Nusantaratv.com - Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi mengatakan, seri pamungkas MotoGP 2020 di Portugal akan menjadi momen spesial baginya. Seri pamungkas ini, akan menjadi akhir kemitraannya dengan pabrikan Yamaha setelah selama 15 tahun bekerja sama.

Lepas dari Yamaha, The Doctor akan bergabung ke tim satelit Petronas Yamaha, bertukar bangku dengan Fabio Quartararo yang akan menjadi tandem Maverick Vinales di 2021.

“Minggu akan menjadi momen spesial karena ini adalah perjalanan panjang bersama,” kata Rossi di Portimao, Kamis (19/11/2020) petang waktu setempat seperti dikutip AFP.

“Kisah kami dibagi menjadi dua bagian dan saya harus berterima kasih kepada setiap orang di Yamaha karena memberi saya kesempatan satu lagi setelah dua tahun bersama Ducati. Karena saya cukup putus asa, jadi bagi saya krusial untuk kembali ke tim pabrikan ini.

Baca Juga: Joan Mir Ungkap Rahasia Suksesnya di MotoGP

“Bagian kedua juga sangat panjang. Kami menang lebih sedikit tetapi bagaimanapun itu adalah pengalaman hebat dengan banyak momen yang terlupakan. Tentunya saya akan sangat merindukan tim ini.”

Ia juga berterimakasih kepada tim yang telah membesarkan namanya ini. Andai Yamaha tak memberinya kesempatan kedua bergabung usai masa kelam bersama Ducati, kemungkinan besar ia sudah pensiun dalam usia 33 tahun. Hal ini ia sampaikan via Sky Sport di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Kamis (19/11/2020).

Rossi membela Yamaha mulai 2004, usai membela Honda selama empat musim. Kedatangannya diharapkan mengakhiri paceklik gelar Yamaha sejak GP500 1992 bersama Wayne Rainey. Keberadaannya sempat diremehkan banyak pihak, Rossi malah berhasil mempersembahkan gelar kepada Yamaha pada 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Pada 2011 dan 2012, Rossi mencari tantangan baru dengan membela Ducati dan bertekad membawa Ducati kembali ke puncak. Nyatanya, misi ini gagal. Ia bahkan sempat terpikir untuk pensiun dalam usia 33 tahun. Namun, Yamaha yang memutuskan melepas Ben Spies, membuka pintu kedua kali untuk Rossi pada 2013.

Tahun 2020 menjadi musim terakhir Rossi bersama tim pabrikan Yamaha, yang kini bernama Monster Energy Yamaha. Posisinya akan digantikan oleh Fabio Quartararo, dan ia sendiri tahun depan akan membela Petronas Yamaha SRT. Ini pun akan jadi momen perdana Rossi membela tim satelit untuk pertama kali sejak GP500 2001.

Baca Juga: Bentuk Perhatian Rossi untuk Marquez

“Portimao akan jadi balapan terakhir saya dengan tim pabrikan. Kisah kami bagaikan sebuah film. Sungguh sulit dilupakan, kami nyaris selalu juara. Mereka juga memberi saya kesempatan kembali usai dua tahun kelam dengan Ducati, bahkan saat saya sudah cukup tua. Atas alasan ini saya akan selamanya berterima kasih pada Yamaha,” ujarnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0