IMI Optimis Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021

Meski belum 100% selesai, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa optimis Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP...
Supriyanto - Sport,Kamis, 19-11-2020 22:00 WIB
IMI Optimis Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021
Maket Sirkuit Mandalika

Nusantaratv.com - Pembangunan Sirkuit Balap di Mandalika, Lombok menjadi bukti keseriusan Indonesia menjadi salah satu tuan rumah ajang Balap MotorGp di dunia.

Saat ini Sirkuit Mandalika masih menjadi sirkuit cadangan karena pembangunannya yang belum selesai. Seperti diketahui Indonesia berencana menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP 2021.

Namun hingga saat ini, pengerjaan sirkuit MotoGP Mandalika belum selesai dibangun dan masih dalam tahap pengerjaan. Dalam kalender MotoGP 2021 yang dirilis Dorna Sport, Indonesia masuk dalam daftar cadangan tuan rumah.

Meski belum 100% selesai, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa optimis Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2021 sesuai jadwal.

“Kita masih bisa menyelenggarakan MotoGP. Peluang di kalender 2021 itu masih sangat ada,” ucap Sadikin Aksa saat ditemui di kawasan Karawaci, Selasa 17 November 2020.

Ia menjelaskan, dari surat yang dikirim ke FIM terkait pengajuan Mandalika menjadi salah satu tuan rumah, surat tersebut dijadwalkan dapat balasan pada bulan Maret 2020. Namun hal itu urung terjadi karena ada Covid-19.

“Jadi setelah season tahun ini pada Minggu pertama Desember mereka akan kirimkan jadwal ulang atau paling lambat Februari. Kita akan melanjutkan homologasinya di Juni kalau Juni lolos in sya allah persiapan di kalender kita bisa masuk. karena kuncinya di homogolasi,” terangnya.

Baca Juga: Rossi Beri Kode Cabut dari Yamaha

Untuk mempersiapkan homologasi agar MotoGP Indonesia dapat terselenggara, banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti sirkuit harus memiliki sistem keamanan yang komplit, paddock yang harus sesuai dengan kebutuhan tim, layout sirkuit yang sesuai aturan dan lainnya.

“Tapi semua desainer atau kontraktor sudah mengetahui soal homologasinya, jadi mereka sudah tahu itu harus begini begitu. Setelah itu FIA dan FIM itu hanya datang mengecek saja sesuai atau tidak kalau tidak sesuai ya harus ada perubahan dulu,” tambahnya.

Ia menerangkan, kenapa IMI begitu optimis Indonesia dapat menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

“Peluang untuk homologasi Mandalika itu ada? Sangat ada. Begini contohnya, tahun ini Covid-19 belum selesai sampai tahun depan misalnya bisa saja berubah karena kita tidak tahu. Kalender ini kan tentatif karena memang harus disetujui, belum lagi dilihat dari kondisi negara tertentu,” tegas Sadikin.***

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0