Skuter Listrik Yamaha E01 Siap Diproduksi

Pabrikan Belum Mengungkapkan Detail Lebih Lanjut Tentang Skuter Listrik Yamaha E01.

Yamaha E01. (Hindustan Times)

Nusantaratv.com - Skuter listrik Yamaha E01, proyek kendaraan roda dua listrik terbesar dari pabrikan otomotif asal Jepang itu siap diproduksi.

Yamaha telah mengajukan paten untuk E01. Diresmikan di Tokyo Motor Show 2019 sebagai skuter listrik konsep, E01 ditujukan sebagai pengganti skuter 125cc, seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis (6/5/2021).

Gambar paten Yamaha E01 telah bocor dan sepertinya, versi produksi e-skuter akan tetap sesuai dengan konsepnya, kendati dengan beberapa pembaruan. Skuter ini akan didukung oleh motor listrik yang menghasilkan tenaga 15 hp.

Yamaha E01 diharapkan hadir dengan performa yang lebih baik dibandingkan dengan skuter listrik merek sebelumnya seperti Passol, EC-02, EC-03, dan EC-05.

Model konsepnya juga tidak seradikal banyak konsep kendaraan roda dua yang bermunculan. Namun, ada beberapa elemen yang tidak cocok untuk dunia nyata. Dan, kemungkinan hal itu akan diubah dalam versi produksi.

Gambar paten menunjukkan Yamaha E01 dengan lampu revisi di bawah hidung, yang tidak ada dalam konsepnya. Mengambil isyarat dari Yamaha R1, skuter listrik E01 mendapat lampu depan LED ganda. Tepat di atasnya akan ada palka yang menutupi soket pengisi daya.

Lampu penanda LED mengelilingi bukaan di bagian depan, memberikan tampilan yang khas pada E01. Akan ada cluster instrumen digital, jok single-frame dengan jok penumpang yang ditingkatkan, bagian ekor yang ramping dengan strip LED terintegrasi bodi yang berfungsi sebagai lampu belakang.

Seluruh profil belakang skuter telah menerima sejumlah pembaruan dalam pengajuan paten, dibandingkan dengan konsepnya. Bahan berpenampilan tweedy yang memanjang hingga permukaan bagian dalam fairing, dan elemen seperti kaca spion kecil dan sirip hiu aneh yang dipasang ke spatbor belakang hilang dalam pengajuan paten baru. Sat ini muncul sebagai skuter listrik yang terlihat sangat bisa digunakan.

Bagian belakang yang tertutup kain telah diganti dengan desain yang jauh lebih konvensional dengan jok yang dapat dilepas di atas bodywork plastik normal yang menutupi kompartemen penyimpanan E01. 

Dengan bagian tengah utama yang menampung baterai lithium-ion yang tidak dapat dilepas, sepertinya tidak menawarkan penyimpanan yang cukup. Yamaha belum mengungkapkan detail lebih lanjut tentang skuter listrik E01. Namun, merek dagang terbaru bersama dengan pengajuan paten ini menunjukkan jika kendaraan listrik ini akan segera diluncurkan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK