Simak 7 Kacang Terpopuler di Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ada berbagai macam jenis kacang terpopuler di Indonesia termasuk kacang almond

Kacang almond / Foto: Ist

Nusantaratv.com - Tidak hanya kaya akan ragam suku, budaya dan bahasanya saja, Indonesia juga terbilang kaya akan jenis kacang-kacangan yang populer.

Hal ini terlihat dari banyaknya kacang yang terjual di pasaran maupun toko online dengan harga yang beraneka ragam bagi masyarakat.

Nah, berikut ini ada berbagai macam jenis kacang terpopuler di Indonesia termasuk kacang almond dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Apa saja jenis kacang yang ada di Indonesia?

Dari sekian banyaknya jenis kacang yang ada di Tanah Air, ada beberapa macam kacang yang rupanya populer di kalangan masyarakat. Lantas, apa saja jenis kacang yang umumnya Anda jumpai atau bahkan Anda beli sehari-hari? berikut ini informasi selengkapnya mengenai jenis kacang – kacangan populer. 

• Kacang almond (kenari)
Kacang populer di Indonesia yang mengandung serat, lemak, vitamin E, protein, magnesium dan vitamin B12 ini terbilang cukup mahal harganya. Meski demikian, kacang almond ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, gula darah dan mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Bahkan, Anda juga bisa memilih almond sebagai makanan dalam menjalankan program diet.

• Kacang mete
Berasal dari biji jambu mete (jambu monyet), kacang ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, sehingga cocok sebagai camilan keluarga. Kandungan vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi dan berbagai macam vitamin yang lain juga berkhasiat penting bagi tubuh. Seperti misalnya untuk program diet, melindungi kesehatan mata, menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatan jantung.

• Kacang polong
Berbentuk bulat dan berwarna hijau, kacang polong ini umumnya sering Anda temui untuk pelengkap masakan dan camilan sehari-hari, bukan? Berbagai kandungan serat, protein, vitamin K, vitamin B1 dan B9 berguna untuk menjaga gula darah dalam tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah (hipertensi) dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

• Kacang tanah
Selain kacang almond dan kacang mete yang cocok untuk camilan, kacang tanah juga dapat langsung Anda makan setelah proses perebusan. Adanya kandungan zat besi, potasium, kalium, karbohidrat, vitamin A, B, C dan E dapat menurunkan berat badan. Serta mampu menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker perut.

• Kacang hijau
Umumnya, kacang hijau sering dijadikan olahan bubur yang kaya akan nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh. Sebab, kacang hijau ini memiliki berbagai kandungan vitamin A, D, B12, natrium, kalium, protein dan kalsium. Mengonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi jerawat mencegah kanker & jantung dan lain-lain.

• Kacang tolo
Kandungan serat yang rendah lemak, protein, folat, kalsium dan zinc membuat kacang tolo sangat cocok untuk makanan ibu hamil. Karena selain menyehatkan janin dalam perut, kacang tolo juga berguna untuk mencegah sembelit, menjaga sistem kekebalan tubuh dan lain-lain.

• Kacang kedelai
Olahan kacang kedelai berupa tempe dan tahu tentu sering Anda makan sebagai lauk pauk nabati sehari-hari, bukan? Dengan banyaknya kandungan vitamin di dalamnya, membuat kacang kedelai ini berperan penting dalam tubuh. Antara lain seperti melawan radikal bebas penyakit kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol dan lain sebagainya.  

Berapa kisaran harga kacang almond di pasaran?

Dari sekian banyaknya jenis kacang populer di Indonesia, tak sedikit orang yang menjadikan kacang almond sebagai camilan favorit sehari-hari. Namun, tahukah Anda mengenai berapa kisaran harga kacang almond yang biasanya pihak-pihak tertentu jual di pasaran? Nah, berikut ini ada sedikit bocoran mengenai beberapa kisaran harga kacang almond dari yang mahal hingga murah di toko online seperti di Blibli.com.

• Roasted Almond (Kacang Almond Panggang) seharga Rp 150.000 per kilogram.
• Blue Diamond Kacang Almond Panggang Matang seharga Rp 144.000 per kilogram.
• Kacang Almond Mentah Kupas seharga Rp 121.000 per kilogram.
• Raw Almond (Kacang Almond Mentah) seharga Rp 89.890 per 500 gram.
• Kacang Almond Panggang Cangkang Creamy Butter Milk seharga Rp 63.750 per 500 gram.
• Izzani Kacang Almond Panggang seharga Rp 25.000 per 100 gram.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK