Penyanyi Hong Jin Young Diduga Plagiarisme Tesisnya

Dugaan plagiarisme karya tesis dilakukan Hong Jin Young
Alamsyah - Showbiz,Sabtu, 07-11-2020 01:00 WIB
Penyanyi Hong Jin Young Diduga Plagiarisme Tesisnya
Hong Jin Young

Jakarta, Nusantaratv.com - Kalangan publik figur memang ada yang memperhatikan pendidikan mereka, bahkan hingga ke jenjang tinggi. Namun hal itu nampaknya tercoreng oleh segelintir publik figur yang cuma ingin menempuh pendidikan secara instan saja alias melakukan plagiarisme terhadap tesis mereka.

Dugaan plagiarisme tesis baru-baru ini dialamatkan kepada penyanyi Korea Selatan, Hong Jin Young, yang terkenal dengan partisipasinya dalam proyek girl grup Unnies for Sisters ’Slam Dunk. 

Dia dicurigai melakukan plagiarisme untuk Tesis magisternya yang dikabarkan memiliki lebih dari 70 persen konten plagiarisme, menurut hasil tes.

Umumnya, persentase konten plagiarisme dalam tugas akhir mahasiwa yang ditolerir berkisar antara 15-25 persen, untuk bisa lulus. Demikian dilansir dari laman Koreaboo, Jumat, 6 November 2020.

Pada 5 November 2020, terungkap bahwa tesisnya telah melampaui batas normal untuk plagiarisme. Tesis yang ditulis pada tahun 2009 oleh Hong Jin Young, membahas tentang budaya dan konten Hallyu atau Korean Wave,

Tesis tersebut kemudian dites melalui Copy Killer, perangkat lunak online untuk menguji plagiarisme. Terungkap bahwa tesisnya berisi total 556 kalimat, 124 di antaranya langsung disalin kata demi kata dari 6 referensi lainnya. 365 kalimat lainnya telah disorot sebagai plagiarisme tidak langsung.

Hong Jin Young dianugerahi gelar Master pada tahun 2009 setelah menyerahkan tesisnya. Karena dia telah menerima gelar itu pada bulan April tahun itu, saat memulai debutnya hanya dua bulan kemudian sebagai penyanyi trot, warganet berspekulasi bahwa dia menjalani pelatihan dan periode tesisnya pada saat yang bersamaan.

Keaslian tesis dan gelarnya kemudian diragukan, mengingat bahwa dia mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk menjalani keduanya. Warganet juga semakin curiga mengingat ayahnya merupakan seorang profesor di universitas yang sama tempatnya berkuliah S2.

Meski begitu, agensi Hong Jin Young telah membantah klaim plagiarisme dan telah mengontak profesor yang bertanggung jawab atas hal ini. Namun, profesor tersebut telah meninggalkan pekerjaannya dan tidak dapat dihubungi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0