Film Pendek Tilik: Kesal dengan Polantas, Bu Tejo Cs Nekat Turun dari Truk

Film pendek "Tilik" sedang jadi perguncingan publik.
Alamsyah - Showbiz,Rabu, 26-08-2020 21:00 WIB
Film Pendek Tilik: Kesal dengan Polantas, Bu Tejo Cs Nekat Turun dari Truk
Adegan film pendek Tilik/tangkapan layar Youtube

Jakarta, Nusantaratv.com - Film pendek "Tilik" produksi Ravacana Films yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meraih sukses besar. Pasalnya, sejak film yang melambungkan seorang ibu rumah tangga biasa bernama Siti Fauziah pemeran Bu Tejo, diunggah di kanal berbagi video Youtube pada 17 Agustus 2020, jumlah viewersnya nyaris menyentuh 15 juta pada Rabu (26/8/2020).

Secara garis besar, film pendek "Tilik" mengisahkan tentang rombongan wanita desa yang sedang berada dalam perjalanan dari Kabupaten Bantul menuju Kota Yogyakarta, dengan menumpangi truk untuk menjenguk Bu Lurah. Tokoh sentralnya ialah Bu Tejo yang sepanjang jalan tidak henti mengumbar gosip tentang Dian, perempuan muda cantik, pacar Fikri, putra dari Bu Lurah. 

Selama dalam perjalanan menggunakan truk yang dikemudikan pria bernama Gotrek yang juga memerankan nama yang sama, sedikitnya tiga kali Gotrek menghentikan truknya.

Pertama, truk berhenti ketika bu Tejo kebelet pipis di sebuah mushalah. Gotrek sebagai sopir truk yang lebih dahulu turun dari kemudi untuk membukakan tutup truk. Karena truk memiliki ketinggian yang tidak bisa dilompati oleh ibu-ibu yang memakai busana muslimah, Gotrek pun menyiapkan kursi, agar memudahkan mereka turun. 

Di scene ini, sang sutradara Wahyu Agung Prasetyo menyorot kamera secara jeli mulai dari Gotrek turun, membuka pintu belakang truk, dan menurunkan kursi untuk alat bantu ibu-ibu turun dari truk.

Kedua, truk kembali berhenti saat mogok. Adegan berikutnya, Gotrek nampak turun dari balik kemudi. Dalam adegan ini memang tak nampak Gotrek membukakan pintu belakang truk dan menyiapkan kursi, alat bantu untuk bu Tejo Cs turun dari truk. Adegan langsung melompat saat ibu-ibu mendorong truk bersama-sama.

Adegan ketiga saat truk berhenti ketika seorang Polantas menilang Gotrek. Di sini nampaknya sutradara lupa untuk mensetting Gotrek yang sedang bernegosiasi dengan sang Polantas untuk membuka pintu belakang truk dan menyiapkan kursi, alat turun para ibu-ibu dari atas truk. Sepertinya, rasa kesal yang luar biasa kepada Polantas karena truk ditilang, membuat bu Tejo dan ibu-ibu lainnya, menjadi nekat turun dari atas truk, yang sebelumnya selalu dibukakan pintunya oleh Gotrek. 

Kendati tak lepas dari kritikan para kritikus film, "Tilik" yang diproduksi tahun 2018 ini berhasil memenangi Piala Maya 2018. Selamat! 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0