Apa Itu Ilmu Santet? Ini Penjelesan Dari Paranormal Mbak You dan Cara Mencegahnya

Santet adalah ilmu sihir yang dikenal mulai sejak dulu. Belakangan ini santet kembali merambat menjadi perhatian sebagian selebriti
Apa Itu Ilmu Santet? Ini Penjelesan Dari Paranormal Mbak You dan Cara Mencegahnya
Mbak You (foto: Instagram)

Jakarta, Nusantaratv.com -Santet adalah ilmu sihir yang dikenal mulai sejak dulu. Belakangan ini santet kembali merambat menjadi perhatian sebagian selebriti, seperti paranormal Mbak You, lewat akun YouTube pribadinya mbak you mencoba menjelaskan tentang ilmu santet. 

“Santet adalah pekerjaan manusia yang merugikan manusia lain. Tujuannya untuk menghancurkan, membuat sakit, membuat gila, hingga mendatangkan permasalahan yang tak kunjung selesai untuk si korban,” katanya seperti dikutip Okezone dari channel YouTube pribadi Mbak You.

Mbak You menjelaskan bahwa sebagian orang yang mengirimkan santet bermula dari rasa dendam. “Ya, motif (mengirimkan) santet ini biasanya karena seseorang ingin membalaskan dendamnya,” tuturnya.

Mbak You juga menjabarkan ciri-ciri orang yang sudah terkena santet. Hampir sebagian besar ciri yang disebutkan Mbak You sama dengan cerita para artis yang mengklaim mendapat kiriman santet.

Beberapa di antaranya suasana rumah menjadi tidak nyaman serta sering jatuh sakit tanpa penyebab yang jelas. Seperti diketahui, gejala itu sempat dialami Wendy Cagur. Saat menjadi bintang tamu dalam channel YouTube Denny Cagur, dia berkisah merasa mudah emosi.

Hal itu, ujar Wendy, membuat dia jauh dari kedua anak dan istrinya. Tak hanya mudah emosi, dia dan sang istri juga kerap jatuh sakit. Namun ketika diperiksa, dokter tak menemukan hal yang ganjil pada kesehatan Wendy.

Lantas bagaimana cara menangkis pengaruh santet ini? Mbak You mengungkapkan, jalan paling ampuh untuk mengalahkan santet sebenarnya sangat mudah dan sederhana.

“Caranya, berdoa, ikhtiar, berpikir positif, banyak bersyukur, jangan terlalu murung, banyak humor, mengurangi emosi, serta selalu tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.