Sejarah Terbentuknya Hari Perempuan International

Pada tahun 2009, perusahaan pemasaran Inggris, Aurora Ventures, membuat situs web "Hari Perempuan Internasional" dengan sponsor perusahaan

Nusantara TV - Peringatan Hari Perempuan paling awal, yang disebut "Hari Perempuan Nasional", diadakan pada tanggal 28 Februari 1909, di New York City, yang diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika atas saran dari aktivis Theresa Malkiel.

Ada klaim bahwa hari itu untuk memperingati protes pekerja garmen wanita di New York pada 8 Maret 1857, tetapi peneliti Kandel dan Picq menggambarkan ini sebagai mitos yang dibuat untuk "melepaskan Hari Perempuan Internasional dari sejarah Soviet untuk memberi itu asal yang lebih internasional.

Pada bulan Agustus 1910, Konferensi Perempuan Sosialis Internasional diselenggarakan untuk mendahului pertemuan umum Sosialis Internasional Kedua di Kopenhagen, Denmark. Terinspirasi sebagian oleh kaum sosialis Amerika, delegasi Jerman Clara Zetkin, Käte Duncker, Paula Thiede dan lainnya mengusulkan pembentukan "Hari Perempuan" tahunan, meskipun tidak ada tanggal yang ditentukan pada konferensi itu.

Delegasi (100 perempuan dari 17 negara) setuju dengan gagasan tersebut sebagai strategi untuk mempromosikan persamaan hak termasuk hak pilih bagi perempuan.

Tahun berikutnya pada tanggal 19 Maret 1911, Hari Perempuan Internasional (IWD) untuk pertama kalinya diperingati oleh lebih dari satu juta orang di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Di Kekaisaran Austro-Hongaria saja, ada 300 demonstrasi. Di Wina, para wanita berpawai di Ringstrasse dan membawa spanduk untuk menghormati para martir di Komune Paris. Wanita menuntut agar mereka diberi hak memilih dan memegang jabatan publik. Mereka juga memprotes diskriminasi jenis kelamin kerja.

Orang Amerika terus merayakan Hari Perempuan Nasional pada hari Minggu terakhir di bulan Februari.

Lanjut 
like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK