Saat Amandel Bengkak, Makanan Ini Harus Dihindari

Bagi penderita radang amandel (tonsilitis) disarankan mengonsumsi makanan padat nutrisi yang mudah ditelan.

Ilustrasi sakit radang amandel
Nusantaratv.com - Saat sedang sakit, dokter menyarankan kita banyak makan maupun minum. Namun kalau amandel bengkak, bagaimana makannya ya, karena untuk menelan makanan dan minuman terasa sakit. 
 
Bagi penderita radang amandel (tonsilitis) disarankan mengonsumsi makanan padat nutrisi yang mudah ditelan. Pasalnya, saat terjadi peradangan, terjadi pembengkakan pada tonsilitis yang membuat sulit menelan makanan.
 
Biasanya bagi penderita radang amandel disarankan mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan tidak terlalu panas. Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang dianjurkan:
 
1. Lozenges
Menurut studi dalam jurnal AAPS PharmSciTech, permen pelega tenggorokan atau lozenges mengandung akar licorice atau mentol yang memiliki sifat antiradang. Artinya, mengonsumsi lozenges dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan dan pembengkakan yang disebabkan oleh radang amandel.
 
Namun, makanann untuk radang tenggorokan ini sebaiknya jangan diberikan kepada anak-anak yang belum bisa menelan makanan keras.

2. Air garam
Saat mengalami radang amandel, tenggorokan akan terasa panas, kering dan perih. Berkumur dengan air garam adalah salah satu yang disarankan untuk meredakan amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
 
Cukup campurkan 1/2 sendok garam ke dalam 1 gelas air putih, tapi pastikan air tidak terlalu panas. Aduklah garam hingga larut. Sebaiknya Anda berkumur selama 30 detik hingga 1 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.
 
3. Yoghurt dan sayuran
Makanan saat amandel bengkak idealnya bertekstur lembut untuk mempermudah proses menelan. Tak perlu khawatir kehabisan ide, sebab Anda dapat mengkreasikan olahan makanan menggunakan  yoghurt, puding, smoothie.
 
Selain lembut dan lebih mudah ditelan, makanan untuk penderita radang amandel ini juga dapat meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat melawan infeksi bakteri penyebab radang amandel. Namun, pastikan tidak mengonsumsi yoghurt yang terlalu manis.
 
Anda pun tetap dapat mengonsumsi sayuran seperti wortel dan kubis dengan cara memasaknya hingga teksturnya melunak sebelum dikonsumsi. 

4. Air putih 
Meski terasa perih saat menelan, para penderita radang amandel tetap disarankan untuk banyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Karena kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang justru akan memperparah nyeri akibat amandel yang bengkak.
 
Mencukupi kebutuhan cairan saat sedang sakit bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, setidaknya 2 liter dalam sehari. Minuman lain seperti sari buah atau jus buah tanpa gula juga bisa menjadi alternatif dalam mencukupi kebutuhan cairan. Saat meminumnya, pastikan suhunya suam-suam kuku atau dingin untuk mencegah nyeri lebih lanjut pada amandel.  
 
5. Es krim
Meski efeknya sementara, makanan dingin seperti es krim, disinyalir efektif dalam meredakan nyeri dan pembengkakan amandel. Sesekali dalam masa perawatan, Anda atau anak yang mengalami radang amandel boleh mengonsumsi es krim atau minuman dingin untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan dan amandel yang membengkak.
 
6. Teh dan madu
Kombinasi teh hangat dan madu bisa menjadi senjata ampuh melawan penyakit radang amandel. Ini disebabkan karena jenis teh tertentu, seperti teh jahe, memiliki kandungan antiradang yang berpotensi meredakan peradangan pada amandel.
 
Tak kalah bermanfaat, madu juga mengandung senyawa antibakteri yang berfungsi melawan infeksi pada area tersebut. 

Pantangan makanan dan minuman untuk radang amandel:
 
Bila tak kunjung sembuh, meski sudah diobati, faktor makanan yang kita makan akan mempengaruhi proses penyembuhan radang amandel. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus dihindri agar radang amandel segera sembuh.
 
1. Makanan bertekstur keras dan berlemak
Saat amandel masih bengkak, hindari makanan yang bertekstur keras dan tajam. Makanan-makanan seperti ini selain dapat melukai kerongkongan, juga dapat membuat amandel bertambah bengkak.
 
Sebelum benar-benar pulih, hindari makanan-makanan seperti kue, roti kering, kacang, makanan yang digoreng hingga garing, dan camilan bertekstur renyah lainnya. 
 
2. Minuman yang terlalu panas
Saat amandel membengkak, hindari minuman bersuhu panas, sari buah dengan kadar asam tinggi, minuman mengandung kafein tinggi, dan minuman berkarbonasi. Jenis minuman ini dapat memperburuk radang amandel dan menyebabkan iritasi sehingga menghambat proses pemulihan.
 
3. Makanan bersifat asam
Selain sari buah dengan kadar asam yang tinggi, hindari buah-buahan dan makanan yang rasanya asam.Hindari makan buah-buahan seperti, sitrus, acar, buah kalengan, serta jus dan saus tomat sebelum Anda benar-benar sembuh dari radang amandel.
 
Meski terlihat sepele, radang amandel akan mempersulit kita memasukan makanan ke dalam tubuh. Karena itu, agar lekas sembuh, kita harus rela bersabar untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang justru dapat memperparah radang amandel tersebut.
like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK