Resmikan JTP Wato Hepe, Pemkab Flores Timur Apresiasi Sumbangsih Wiwin Niron

Jembatan Tambatan Perahu Dikerjakan Pada Oktober 2020 dan Rampung Pada Pertenganan April 2021.

Peresmian Jembatan Tambatan Perahu oleh Pemkab Flores Timur pada Kamis (29/4/2021).

NTT, Nusantaratv.com - Menghabiskan dana pribadi sekitar Rp500 jutaan, Geneku Fernandus Niron (Wiwin), seorang anak tanah Lewo Balawelin, Desa Balaweling I, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), membangun jalan dan jembatan tambatan perahu (JTP)
di kampung halamannya.

Pemerintah Kabupaten Flores Timur mengapresiasi sumbangsi nyata sosok pria yang akrab disapa Wiwin Niron itu. Dalam sambutan peresmian JTP Wato Hepe, pada Kamis (29/4/2021), Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Flores Timur, Abdul Razak Jakra tak henti-hentinya memberikan apresiasi, penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Wiwin Niron.

Baca Juga: Diresmikan Pemkab, Putra Daerah NTT Bangun JTP Pakai Dana Pribadi

"Tiada kata yang paling indah kita lantunkan pada hari ini, selain menaikan pujian ke haribaan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas bimbingan dan perlindungan-Nya sehinggga kita mampu beraktivitas, termasuk hari ini, kita saksikan hasil karya anak bangsa, anak lewotanah yang telah menyiapkan infrastruktur dasar yang luar biasa bagi Kabupaten Flores Timur pada umumnya, dan khususnya bagi Lewotanah Balawelin yang kita cintai  ini," ujar Abdul Razak.

"Kita mengandaikan saja, kalau seorang Wiwin Niron ini kemudian menjadi inspirasi bagi munculnya Wiwin-Wiwin lainnya yang tersebar di Kabupaten Flores Timur ini, maka seluruh kekurangan Pemerintah akan ditutup dengan kegiatan-kegiatan pembangunan yang bermanfaat bagi ribu ratu (masyarakat) di tana Lamaholot ini," lanjutnya.

Tak lupa, dia mengucapkan terima kasih baik atas nama pribadi maupun dalam jabatan mewakili Bupati Flores Timur kepada Wiwin Niron.

Ketakjubannya terhadap fasilitas umum JTP yang merupakan swadaya murni seorang anak tanah di Desa Balaweling I tersebut berbuah pada janjinya untuk langsung menyampaikan ke Bupati Anton Hadjon usai acara tersebut, agar mempercakapkan bersama DPRD, memberikan atensi terhadap pelaksanaan pembangunan lainnya di desa yang sedang dipimpin Kades Krispinus Niron itu. 

Sementara itu, terkait pelaksanaan pembangunan Jalan dan JTP tersebut, wakil keluarga Wiwin, Didakus Bunumatan Niron dalam sambutannya merincikan pekerjaan semenisasi jalan masuk ke JTP Wato Hepe tersebut yang dikerjakan pada Juli 2018, dengan panjang 215 meter, lebar 5 dan tinggi 3 meter.

Sedangkan untuk JTP, dikerjakan pada Oktober 2020, rampung pada pertenganan April 2021, dengan panjang 54 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 3,40 meter, serta pelataran 8 meter.

"Sumber biaya berasal dari kantong pribadi anak ,adik kami, Wiwin sebesar Rp500 jutaan. Apa yang dikerjakan anak, adik kami ini adalah berkat kepatuhannya pada petuah atau pesan ayahnya sewaktu masih hidup, 'bila berhasil di sini (Jakarta), jangan lupa kampung ayah, kampungmu, Balawelin. Pulang Geleka Lewo, Ago Lewo Balaweling!" ujar Nakus Niron.

Acara syukuran dan peresmian pemanfatan JTP Wato Hepe tersebut diawali dengan ritual adat sejuk dingin dan Perayaan Ekaristi. Semua warga di desa tersebut sungguh bergembira dan mengucapkan terima kasih kepada Wiwin Niron dan keluarganya. (Eman Niron).

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK