Prototipe SpaceX Starship Baru SN10 akan Meluncur Pada Hari Jumat

Versi terbaru roket SpaceX Mars Elon Musk ada di landasan peluncuran di Texas.

SN10 and its predecessor SN9 on the launch pad in Boca Chica, Texas in early February. SpaceX

Nusantara TV - SpaceX yang beberapa minggu ini meluncurkan SN9 yang kemudian mendarat di pantai Teluk Texas, kini akan kembali mencoba roket SN10 yang dapat meningkatkan kinerja tersebut pada hari Jumat ini.

SN10 dan SN9 adalah iterasi terbaru dari prototipe Starship SpaceX dan Elon Musk yang telah dikembangkan oleh perusahaan secara penuh dari fasilitasnya di Boca Chica, Texas. Musk telah berjanji bahwa roket generasi berikutnya akan mampu melakukan perjalanan titik-ke-titik revolusioner di seluruh dunia, serta ke bulan, Mars, dan sekitarnya.

Selama beberapa tahun terakhir, prototipe Starship telah berkembang dari membuat "lompatan" pendek di ketinggian, menjadi demonstrasi penerbangan di ketinggian. Dua nomor seri terakhir, SN8 dan SN9, telah terbang ke ketinggian yang sebanding dengan tempat jet komersial melaju, tetapi kemudian masuk untuk pendaratan keras yang eksplosif.

Musk telah memperingatkan sebelumnya tentang pengujian bahwa ia mengharapkan peristiwa "pembongkaran tak terjadwal yang cepat" menjadi bagian dari proses pengembangan.

Setelah penerbangan dan pendaratan SN8 pada bulan Desember, penerbangan lanjutan SN9 mengalami serangkaian penundaan sepanjang Januari. Terungkap bahwa SN8 telah diluncurkan tanpa semua persetujuan yang diperlukan dari Administrasi Penerbangan Federal dan semacam kontes tatapan dikembangkan saat FAA kemudian mengambil waktu untuk memberikan lisensi peluncuran untuk SN9.

Pada akhirnya, FAA puas dengan tindakan pencegahan keselamatan untuk uji terbang dan SN9 akhirnya terbang pada 2 Februari. Setelah kembali ke Bumi sore itu, FAA mengumumkan akan menyelidiki "kecelakaan" pendaratan.

Sementara penyelidikan itu masih berlangsung, SpaceX terus maju dengan SN10. Uji coba statis dapat terjadi segera setelah Rabu dan pembatasan penerbangan sementara untuk peluncuran potensial sekarang diberlakukan untuk area di sekitar dan di atas Boca Chica untuk hari Jumat, dengan penutupan cadangan pada hari Sabtu dan Minggu juga.

Ini berarti mungkin kita akan melihat SN10 terbang segera setelah hari Jumat, tetapi ada banyak alasan untuk bersikap skeptis terhadap garis waktu itu, termasuk cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pemadaman listrik yang mencengkeram Texas minggu ini dan penyelidikan FAA yang sedang berlangsung terhadap pendaratan keras SN9.

Periksa kembali di sini untuk pembaruan dan streaming langsung setelah SN10 siap terbang.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK