Upaya Pertumbuhan Ekonomi Perdesaan Melalui Infrastruktur

Kementerian PUPR terus mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur.
Upaya Pertumbuhan Ekonomi Perdesaan Melalui Infrastruktur
Penyediaan infrastruktur jalan di desa/ PUPR

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. 

Adapun sejumlah program infrastruktur kerakyatan dilaksanakan dengan skema Padat Karya Tunai melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR yakni Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan Program Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS-3R).

Baca Juga: Willy Midel Yoseph: Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Kalimantan

"Selain infrastruktur yang besar, Kementerian PUPR juga mendapat tugas untuk membangun infrastruktur kerakyatan . Pembangunan infrastruktur kerakyatan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat seperti jembatan gantung, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, air minum dan sanitasi," kata Menteri PUPR beberapa waktu lalu.

Sedangkan salah satunya program seperti PISEW yang dilakukan Kementerian PUPR bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa. 

Pada umumnya infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi yang bertujuan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat tidak menggunakan kontraktor.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0