Kementerian PUPR Dorong PDAM Perluas Layanan Zona Air Minum Prima

Tingkatkan Akses Air Siap Minum, Kementerian PUPR Dorong PDAM Perluas Layanan ZAMP
Kementerian PUPR Dorong PDAM Perluas Layanan Zona Air Minum Prima
Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo/ PUPR

Bogor, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedian Air Minum (BPPSPAM), terus mendorong peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) penyelenggara SPAM untuk menyelenggarakan SPAM Zona Air Minum Prima (ZAMP) yang airnya dapat langsung diminum.

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo mengatakan bahwa pelayanan ZAMP merupakan bentuk layanan air minum tertinggi yang dapat diberikan PDAM untuk melayani kebutuhan air minum masyarakat. 

"Sebab dalam memberikan layanan ZAMP, PDAM harus secara berkelanjutan memelihara sistem produksi sampai ke sistem distribusinya agar air yang keluar dari keran pelanggan dapat langsung diminum," kata Bambang di Kabupaten Bogor, (28/11/2019).

Baca Juga: Monopoli Usaha, AQUA Didenda Rp 13,8 M

Menurut Bambang, upaya ini dilakukan untuk mempercepat peningkatan kinerja PDAM sebagai operator penyelenggaraan SPAM di daerah. "Adanya peningkatan kinerja PDAM diharapkan dapat mendukung Pemerintah mewujudkan pencapaian akses air minum layak 100 % dan akses air minum aman 15 % di tahun 2024,” terangnya.

Bambang mengatakan, secara teknis untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Namun BPPSPAM optimistis pada 2024 nanti 37 PDAM dapat menerapkan penyelenggaraan ZAMP. Saat ini dari 380 PDAM di seluruh Indonesia, baru 8 PDAM yang memiliki layanan tersebut, yakni PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Malang, PDAM Tirtanadi Medan, PDAM Kota Tangerang, PDAM Kota Bogor, PDAM Buleleng, PDAM Intan Banjar, dan PDAM Padang Panjang.

PDAM Kabupaten Bogor sendiri telah membangun ZAMP PDAM Tirta Kahuripan di Kecamatan Ciomas sejak tahun 2009 dan sampai sekarang masih terpelihara. Sumber air baku yang dipilih berasal dari mata air Ciburial yang berkualitas baik, dan memiliki debit tinggi serta terlindungi dari pencemaran.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0