Dukungan Pemerintah Guna Terciptanyan Pelabuhan Benoa yang Ramah Lingkungan

Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan Benoa Bali Yang Ramah Lingkungan
Dukungan Pemerintah Guna Terciptanyan Pelabuhan Benoa yang Ramah Lingkungan
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Pelabuhan Benoa, Bali/ Kemenhub

Bali, Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan Pelabuhan Benoa yang mengedepankan konsep 'Hijau' sehingga lebih ramah lingkungan. Demikian disampaikan Menhub saat mengunjungi Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (15/11/2019).

"Kemenhub memberikan support penuh kepada Pelindo III dan Pemprov Bali untuk mengembangkan Pelabuhan Benoa. 51 persen lahannya dibuat green seperti hutan kota, dan 49 persen itu untuk yang lain itu untuk cruise, curah cair, perikanan dan kontainer. Jadi bisa dikatakan ini lengkap, untuk pariwisata bagus, untuk logistik juga bagus," ujar Menhub.

Menhub mengatakan, Pelabuhan Benoa merupakan infrastrukur terpenting bagi pengembangan pariwisata di Bali khususnya untuk wisata yang menggunakan kapal-kapal pesiar. Dengan adanya pengembangan Pelabuhan Benoa, lanjut Menhub, yang awalnya Kapal Cruise tidak bisa bersandar ke depannya akan bisa bersandar. Dengan begitu, turis mancanegara dapat menikmati indahnya Bali dengan akses yang mudah.

Baca Juga: Indonesia Sepakati 2 Perjanjian Transportasi Udara

"Hampir setiap bulan, dua kali kapal cruise datang ke sini dengan membawa penumpang lebih dari 1000 orang. Bayangkan kalau mereka itu datang sebulan dua kali berarti ada lebih banyak lagi turis yang datang kesini dan ini perlu ditangani dan dimanfaatkan dengan baik karena bisa meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata," kata Menhub.

"Saya berterima kasih kepada Gubernur Bali yang sudah mendukung pembangunan Benoa. Benoa ini sangat penting terutama berkaitan dengan pariwisata dan juga logistik," tambah Menhub.

Sebagai informasi Pelabuhan Benoa mempunyai empat Dermaga yaitu, Dermaga Selatan, Dermaga Timur, Dermaga Barat Selatan dan Dermaga Barat Utara. Pelabuhan Benoa mempunyai terminal penumpang domestik dengan luas 752 m2 dan terminal penumpang internasional denga luas 1.014 m2. Ditargetkan pengembangannya akan rampung pada 2023.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0