Presiden Jokowi: Kita Butuh Sinergi Bangsa Pecahkan Masalah Pandemi

Menurutnya pemerintah membutuhkan bantuan berbagai pihak

Jokowi. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Indonesia membutuhkan sinergi kekuatan bangsa dalam memecahkan berbagai masalah yang timbul akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, pemerintah membutuhkan bantuan berbagai pihak dalam kondisi saat ini. Seluruh elemen harus bahu-membahu menangani dua krisis akibat pandemi.

"Kita butuh sinergi kekuatan bangsa untuk memecahkan masalah yang kita hadapi, masalah kesehatan, masalah perekonomian," kata Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (4/5/2021).

Jokowi menyampaikan pihaknya membutuhkan bantuan pemerintah daerah, masyarakat, dan dunia industri saat ini. Pemerintah butuh bantuan dalam penerapan disiplin protokol kesehatan, tes, penelusuran kontak, perawatan pasien Covid-19, hingga vaksinasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu menyebut pemerintah pusat juga butuh bantuan dalam penyediaan alat kesehatan. Dia berharap dunia industri menyokong upaya pemerintah menyudahi pagebluk.

"Produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai yang besar untuk memproduksi alat-alat kesehatan dan juga obat serta dukungan dari negara lain juga sangat diperlukan," ujar Jokowi.

Indonesia telah mencatat 1.677.274 kasus Covid-19 per Senin (3/5). Sebanyak 45.796 orang meninggal dunia, sedangkan 1.530.718 orang sembuh.

Saat ini, pemerintah membuat sejumlah kebijakan dalam menangani pandemi. Dua di antaranya adalah vaksinasi massal dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala mikro (PPKM Mikro).

Sebanyak 12,5 juta orang telah mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 per Senin (3/5/2021). Dari jumlah itu, baru sekitar 7,8 juta orang yang sudah mendapat dua dosis vaksin.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK