Semangat Gus Dur Menjaga Martabat Orang Papua Diharapkan Berlanjut

Yenny Wahid ingin upaya Gus Dur menjaga kehormatan orang Papua diteruskan
Semangat Gus Dur Menjaga Martabat Orang Papua Diharapkan Berlanjut
Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) bersama masyarakat Papua. Youtube

Jakarta, Nusantaratv.com -Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, mengatakan dahulu ada tokoh di tanah Jawa yang sangat dekat dengan masyarakat Papua. Tokoh tersebut tak lain ialah ayahnya sendiri, Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yenny meminta kedekatan Gus Dur dengan Papua terus dijaga, sebagai semangat yang menyatukan semua.

"Tentu semua masih ingat Gus Dur berusaha mengembalikan harkat martabat warga Papua. Dari yang semula merasa sebagai anak tiri NKRI, kemudian menjadi setara. Yakni mempunyai hak yang sama dalam semua hal," ujar Yenny ketika ziarah ke makam Gus Dur, kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (21/8/2019).

Yenny mengunjungi makam, ditemani sejumlah mahasiswa Papua dan tokoh lintas agama. Hal ini, kata dia tak terlepas dari insiden di Jawa Timur, Papua dan Papua Barat, yang dianggap berpotensi mengoyak persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia berharap ada upaya penyelesaian yang komprehensif agar kebersamaan bangsa tetap terjaga. Kendati begitu, Yenny mengakui ada ketersinggungan warga Papua.

"Tentu tidak ada yang terima anaknya dihina dengan kata-kata menyakitkan. Mama-mama di sana pasti marah. Saya sendiri mama, punya anak tiga. Saya mengerti rasa sakitnya ketika anak kita dihina," jelasnya.

Meski begitu, Yenny menegaskan seluruh rakyat Indonesia sayang kepada Papua.

"Itu yang harus kita jaga. Kita disatukan untuk membangun Indonesia," tandas Yenny yang mengenakan mahkota burung cenderawasih itu.