Selesaikan Sengketa Pilpres di MK, Muhammadiyah: Prabowo dan Jokowi Berjiwa Besar

Selesaikan sengketa Pilpres di MK, PP Muhammadiyah puji Prabowo dan Jokowi
Selesaikan Sengketa Pilpres di MK, Muhammadiyah: Prabowo dan Jokowi Berjiwa Besar
Lambang Muhammadiyah
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengapresiasi calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo (Jokowi)- Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyelesaikan sengketa pemilu melalui Mahkamah Konstitusi (MK). Karenanya, para pendukung kedua kubu juga diminta menghormati jalannya sidang dan keputusan final di MK.

"Kami mengapresiasi, semua pihak mengapresiasi Pak Jokowi, mengapresiasi Pak Prabowo dan semua pendukungnya yang telah berjiwa besar dan memilih untuk menyelesaikan persoalan sengketa pemilu, khususnya pemilihan presiden melalui Mahkamah Konstitusi," ujar Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti di kantor PP Muhammadiyah, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Mu'ti bersyukur sidang perdana sengketa Pemilu Presiden (Pilpres) bisa berlangsung dengan baik. Ia berharap sidang lanjutan pada Selasa (18/6/2019) bisa lebih kondusif.

"Dan tentu kami juga sangat berharap mudah-mudahan semua pihak, pada waktunya nanti MK mengambil keputusan, dapat menerima keputusan MK itu dengan jiwa besar. Karena memang inilah penyelesaian terbaik yang konstitusional, dan inilah penyelesaian yang paling tepat untuk kita menyelesaikan berbagai macam persoalan politik, khususnya persoalan sengketa presiden," tutur dia.

Mu'ti mengatakan keputusan MK bersifat final dan mengikat. Atas itu, apapun nantinya keputusannya, semua pihak harus ikhlas, berjiwa besar menerima. Semua pihak diimbau memiliki kedewasaan dalam berpolitik. 

"Ini adalah cara penyelesaian yang damai dan cara penyelesaian yang mudah-mudahan menjadi jalan keluar yang terbaik dalam kita menyelesaikan persoalan kebangsaan, khususnya yang terkait dengan pemilihan umum," paparnya.

PP Muhammadiyah juga mengimbau massa tak datang ke sekitar gedung MK. Massa, terutama pendukung Prabowo, harus ikut arahan mantan Danjen Kopassus untuk mempercayakan penyelesaian sengketa Pilpres kepada tim kuasa hukum yang telah ditunjuk.

"Saya kira semua pihak hendaknya percaya kepada MK, dan MK juga hendaknya bekerja dengan profesional, bekerja dengan transparan, dengan segala keterbukaannya, sehingga hasil keputusan MK itu dapat diterima semua pihak," tandasnya. (Rizk)