Rebut Kursi Ketua MPR, Muhaimin Lobi PDIP

PDIP dilobi Ketum PKB demi kursi ketua MPR
Rebut Kursi Ketua MPR, Muhaimin Lobi PDIP
Ketum PKB Muhaimin Iskandar
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com - Guna memuluskan rencana menduduki kursi ketua MPR, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melobi PDI Perjuangan. Upaya ini dilakukan, mengingat partai berlambang kepala banteng merupakan pemilik suara terbanyak di parlemen.

Karena itu, dirinya belum bisa memastikan apakah akhirnya keinginannya terwujud atau tidak, sebab ia masih menunggu selama dua bulan ke depan guna mendapat kepastian.

"Belum bisa membayangkan karena saya harus menunggu pembicaraan dan arahan dari partai besar, PDIP. Intinya kita kan harus mengajak diskusi," ujar pria yang biasa disapa Cak Imin, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Kendati begitu, menurut Muhaimin pemilihan ketua MPR tak mengacu hasil perolehan suara parpol di pemilu. Karena itu ia menolak jika ada partai satu koalisinya yang juga meminta jatah kursi ketua MPR, dengan alasan perolehan suaranya melebihi PKB.

"Satu pertimbangan, tapi pertimbangan lain kan figurnya. Kami mengajukan, nanti tergantung responsnya," jelas dia.

Sebelumnya Muhaimin meminta dukungan wakil presiden terpilih Maruf Amin untuk menjabat ketua MPR periode mendatang. Menurut dia, kursi ketua MPR penting diisi oleh PKB atau dari Nahdlatul Ulama (NU), karena menilai unsur Islam harus ikut bersanding bersama empat pilar kebangsaan yakni Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, NKRI dan UUD 1945. (Rizk)