Puti Guntur Soekarno: Lahirkan SDM Unggul, Butuh Peran Serta Ekonomi Kreatif

Puti Guntur Soekarno menyebut akan mensinkronkan kerja pemerintah dengan fungsi legislasi dalam mensinergikan cita-cita pemerintah.
Puti Guntur Soekarno: Lahirkan SDM Unggul, Butuh Peran Serta Ekonomi Kreatif
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarno. (NTV)

Jakarta, Nusantaratv.com - Puti Guntur Soekarno, Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi PDI Perjuangan, menegaskan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, kreatif dan inovatif, tidak lepas dari peran serta ekonomi kreatif. 

"Keinginan untuk menjadikan sumber daya manusia yang unggul, kreatif dan inovatif, tidak terlepas dari peran serta ekonomi kreatif, pendidikan dan perguruan tingi. Begitu juga dengan peran serta kebudayaan," ujar Puti.

Dia mengatakan hal itu, disela-sela pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). 

Bila nantinya kembali dipercaya oleh partai untuk mengabdi di Komisi 10, Puti menyebut akan mensinkronkan kerja-kerja pemerintah dengan fungsi-fungsi legislasi dalam mensinergikan cita-cita pemerintah dan bangsa tersebut melalui Undang-undang (UU) yang nantinya akan dibuat.

Ditegaskannya, menjadi sangat penting pendidikan Pancasila agar didorong masuk dalam kurikulum pendidikan. "Dengan demikian generasi muda akan bisa menghayati dan menginternalisasikan Pancasila di dalam nilai-nilai kehidupan sehari-hari," jelas anak dari pasangan Guntur Soekarnoputra (ayah) dan Heni Guntur Soekarno (ibu) itu.

Ditambahkannya, bahwa masih banyak pekerjaan rumah pemerintah yang belum sepenuhnya selesai. "Seperti mencipatakan SDM unggul, dan pembangunan infrastruktur yang juga akan dilanjutkan pada periode kedua pemerintahan Jokowi (Joko Widodo)," terangnya.

Sebab, menurut Puti, wilayah Indonesia sangat luas. Sehingga bagaimana mendekatkan kegiatan ekonomi lewat pembangunan infrastruktur. "Hal ini juga berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja," imbuhnya.

Selain itu, ungkap Puti, kehadiran UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) juga menjadi sesuatu hal yang penting. "Karena ini bisa mendorong roda ekonomi dan menggali potensi serta kretaifas yang ada disetiap daerah," tambah anggota dewan kelahiran Jakarta, 48 tahun silam itu.

"Pekerjaan rumah dari pemerintah memanga masih banyak. Tapi dengan kita melakukannya secara bergotong-royong, maka InsyaAllah Indonesia akan menjadi negara yang maju, dimana ada keinginan kuat dan bersama untuk menjadikan Indonesia di 2045 menjadi negara yang maju itu akan tercapai," tutup Puti.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0