Pidato Jokowi, PDIP: Menyentuh Aspek Paling Dasar

PDIP apresiasi pidato Jokowi di Sentul
Pidato Jokowi, PDIP: Menyentuh Aspek Paling Dasar
Presiden terpilih Jokowi ketika berpidato di acara Visi Indonesia
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memuji pidato presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/5/2019). Melalui pidato, Jokowi dipandang meletakkan arah yang tepat, modern dalam berpikir, dan kokoh dalam berprinsip. 

"Sebagai presiden Pak Jokowi memiliki sense of direction bagi masa depan bangsa," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (15/7/2019).

Sejumlah tantangan kemajuan teknologi, kompetisi antar bangsa, menurut PDIP dijawab dengan sangat baik melalui visi Indonesia Raya. "Semuanya menyentuh aspek paling mendasar, bahwa pembangunan manusia Indonesia menjadi kunci seluruh gerak kemajuan itu," kata Hasto. 

PDIP menilai Jokowi secara jujur dan jernih melihat tantangan yang dihadapi Indonesia, dan menegaskan pentingnya pola pikir baru. Arah Indonesia, menurut Hasto, tercermin dalam pernyataan Jokowi yang menegaskan perlunya menghapuskan pola pikir lama. 

"Tidak ada lagi kerja linier, tidak ada lagi kerja rutinitas, kerja monoton, dan tidak kerja di zona nyaman," kata dia. 

PDIP berpandangan jika menjadi pemimpin harus kokoh dalam prinsip. Terutama ketika terkait dengan Pancasila dan kebinekaan Indonesia. Pemimpin pun harus memegang teguh konstitusi serta menjalankannya dengan selurus-lurusnya. 

"Prinsip itu lah yang ditegaskan Pak Jokowi. Syarat bagi Indonesia satu adalah Pancasila yang dibumikan dalam seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara. Di dalam Indonesia yang satu itu, setiap warga negara Indonesia diperlakukan sama, setara," tandas Hasto. (Rizk)