Persiapan Pemilu 2024, PDIP Benahi Struktur

PDIP lakukan pembenahan struktur untuk hadapi Pemilu 2024
Persiapan Pemilu 2024, PDIP Benahi Struktur
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com - Beres Pemilu 2019, PDI Perjuangan sudah mempersiapkan diri menjadi Pemilu 2024.

Persiapan Partai dimulai dari pembenahan struktur.

"Kemenangan Pemilu 2024 akan ditentukan oleh perubahan struktur saat ini. Jangan kedepankan ego, tapi kedepankan kepentingan partai," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (24/6/2019).

Hasto menjelaskan, tantangan ke depan bakal lebih berat lantaran PDIP harus bisa mempertahankan kemenangan, bahkan meningkatkannya. Pada Pemilu 2019 PDIP diketahui menjadi jawara. 

PDIP berencana mempercepat pelaksanaan Kongres V yang seharusnya dilaksanakan pada 2020. Kongres sedianya digelar pada 8-10 Agustus di Bali. Rapat kerja nasional (Rakernas) membahas persiapan kongres telah digelar di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut Hasto, percepatan penyelenggaraan kongres ditujukan untuk mendukung agenda pemerintahan Presiden Jokowi. Ketika Dewan Perwakilan Rakyat dilantik, Majelis Permusyawaratan Rakyat terbentuk, dan presiden dan wakil presiden terpilih dilantik, menurut Hasto, struktur PDIP sudah siap untuk menjadi penopang utama pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sebagai persiapan guna memuluskan regenerasi kepemimpinan partai, pada kongres mendatang ada aspirasi untuk pembentukan struktur ketua harian atau wakil ketua umum yang berada di bawah ketua umum. Sejumlah informasi menyebutkan, dua anak Megawati, yakni Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo, berpeluang menduduki posisi tersebut. (Rizk)