PDIP Tak Ngotot Rebut Posisi Ketua MPR

PDIP tak ngotot kejar posisi ketua MPR
PDIP Tak Ngotot Rebut Posisi Ketua MPR
Wasekjen PDIP yang juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah

Jakarta, Nusantaratv.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak ngotot menginginkan posisi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pasalnya, partai berlambang kepala banteng sadar jika pemenang pemilu biasanya memperoleh kursi ketua DPR.

"Kita hormati pendapat yang mengatakan kalau ketua DPR sudah dari PDIP, sebaiknya ketua MPR tidak dari PDIP. Kami dalam posisi menghormati pandangan demikian," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Basarah mengakui tak ada aturan atau larangan pimpinan DPR dan MPR dari partai politik (parpol) yang sama. Sepanjang nama-nama yang dipilih, disepakati parpol-parpol di parlemen ketika sidang paripurna.

"Artinya bebas aja sepanjang nama tersebut terpilih di dalam sidang paripurna MPR itu. Tapi bagi PDI Perjuangan, yang memiliki semangat gotong royong kebersamaan tentu kita ingin memegang etika politik yang demikian itu," tuturnya.

Basarah sendiri mengusulkan agar pemilihan ketua MPR dilakukan secara musyawarah. Cara tersebut sesuai makna dari MPR dan sistem demokrasi Pancasila.

"Karena MPR itu lembaga permusyawaratan, maka saya harapkan pimpinan MPR dilakukan dengan musyawarah mufakat, bukan voting," jelasnya.

"Nanti paripurna MPR untuk memilih pimpinan baru dapat dilakukan secara musyawarah mufakat bukan dengan cara voting karena itu tradisi khas demokrasi Pancasila Indonesia," tandas Wakil Ketua MPR. (Rizk)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0