PDIP Akan Konsolidasi dengan Jokowi-Ma'ruf di Rakernas

Rakernas digelar bertepatan perayaan HUT ke-47 PDIP
PDIP Akan Konsolidasi dengan Jokowi-Ma'ruf di Rakernas
Konferensi pers Rakernas dan HUT ke-47 PDI Perjuangan. (Elvan J. Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Rapat Kerja Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus perayaan HUT ke-47 partai berlambang kepala banteng itu, digelar pada 10-12 Januari 2020 di Jakarta. 

Baca juga: Jelang Rakernas dan HUT PDIP, Megawati Sampaikan Pesan 

Rakernas mengangkat tema 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional: Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari'. 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto Rakernas menjadi momentum konsolidasi pertama pasca-Kongres V PDIP, Agustus 2019 lalu. Dia memastikan peserta Rakernas akan jauh lebih banyak dari yang hadir saat Kongres. 

"Rakernas I tersebut akan diikuti oleh 4.731 peserta yang mewakili tiga pilar partai yakni struktural, eksekutif dan legislatif partai," ujar Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (11/12/2019). 

Di acara tersebut, konsolidasi yang paling penting dan strategis di PDIP akan dilakukan. 

"Ini menjadi momentum konsolidasi tiga pilar partai bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan seluruh jajaran kementerian terkait kebijakan Indonesia Maju," tutur Hasto.

Momen Rakernas dan HUT menjadi penegasan bahwa kendati dua kali berturut-turut mememangi pemilu, masih ada tanggung jawab terhadap masa depan melalui perumusan pokok-pokok haluan negara.

Atas itu Rakernas diawali dengan mengangkat akar dan sejarah peradaban nusantara melalui jalur rempah, kekayaan spiritualitas bangsa, flora dan fauna sebagai kekayaan hayati nusantara.

"Semua itu berperan penting di dalam membentuk peradaban nusantara, hingga menggali sumber pangan, bumbu-bumbuan, dan obat-obatan khas nusantara. Semua dikaji dengan menempatkan riset dan inovasi sebagai hulu dalam merancang jalan kemakmuran bangsa," papar Hasto. 

PDIP sadar bahwa pembahasan haluan negara bukan sekadar langkah politik, tapi jalan kebudayaan yang berakar kuat dengan sejarah peradaban bangsa.

"Kami bukan untuk bernostalgia dengan masa lalu, tetapi visioner karena mencakup pandangan 25 tahun, 50 tahun, hingga 100 tahun, serta membumi pada kehendak rakyat Indonesia," jelasnya.

Haluan negara yang berakar dari kebudayaan juga akan diangkat dalam Rakernas dengan mengangkat seluruh kebudayaan Indonesia yang luar biasa. Yang dikontemplasikan dengan ideologis, serta cita-cita bapak bangsa Soekarno. 

Sehingga hal-hal yang berkaitan ekonomi rakyat dan terkait pangan, obat-obatan yang berakar pada kekayaan hayati bangsa, rempah-rempah, aromatherapy, hingga bumbu-bumbuan dan kekayaan laut nasional, akan dibahas dengan mengedepankan riset dan inovasi melalui pendekatan komprehensif dari hulu-hilir.

Adapun industri prioritas yang dibahas di Rakernas mencakup lima bidang yakni kesejahteraan rakyat, yakni pangan, sandang, papan; bidang pendidikan dan kesehatan; bidang lapangan kerja, sosial dan jaminan sosial; bidang infrastruktur dan lingkungan hidup, serta bidang mental dan rohani (agama, kepercayaan dan kebudayaan).

Rakernas juga akan membahas pemantapan menghadapi pilkada serentak. PDIP bakal menempatkan proses memperkuat kelembagaan kepemimpinan menyiapkan calon pimpinan yang menjalankan visi misi partai.

"PDIP telah dipercaya rakyat menang pemilu dua kali berturut-turut, karena itu kami akan menyiapkan calon pemimpin untuk masa depan Indonesia," tutur Hasto.

Rakernas dan peringatan HUT partai pimpinan Megawati Soekarnoputri akan ditutup dengan malam kebudayaan.

"Sebagai komitmen partai di dalam program nation and character building yang berdiri kukuh pada kebudayaan otentik bangsa," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0