Paket Pimpinan MPR, PDIP Koalisi Sama Siapa?

PDIP bakal berkoalisi dengan pihak-pihak yang sejalan guna merebut kursi ketua MPR
Paket Pimpinan MPR, PDIP Koalisi Sama Siapa?
Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno memperkirakan terdapat dua paket calon pimpinan MPR nantinya. Hal ini sesuai undang-undang yang berlaku. 

Diketahui, pimpinan MPR RI dipilih berdasarkan sistem paket bukan sistem proporsional atau suara terbanyak partai politik di Pemilu 2019. Pada tiap paket harus ada perwakilan dari DPD.

"Kita menduga akan ada dua paket, dalam dua paket itu, sesuai Undang-undang tetap harus ada wakil DPD. Nanti kita lihat saja paket satu dan dua," kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (8/7/2019).

Jika ada tiga paket, Hendrwan menilai dukungan terhadap masing-masing paket akan lemah dan terpecah-belah. Total, 575 anggota MPR yang terdiri dari 9 fraksi serta 136 anggota DPD yang bakal terpecah  banyak jika paket lebih dari dua. 

"Saya kira tidak lebih dari dua, kalau tiga, dukungannya sedikit sekali dong. kan ini leadingnya yang besar kan tiga partai saja: PDIP, Golkar dengan Gerindra, masa masing-masing ini akan membuat paket-paket. saya kira akan terlalu kecil," tuturnya. 

Sejauh ini, ungkap Hendrawan lobi-lobi antar parpol untuk paket pimpinan MPR sudah berjalan. Penentuan paket pimpinan MPR sendiri bakal berlangsung melalui rapat paripurna MPR RI.

"Saya kira wajar kalau sekarang partai-partai sedang melakukan lobi untuk membuat paket pimpinan MPR," kata dia.

Lebih lanjut, Hendrawan tak mengungkap apakah partainya berambisi merebut jabatan pimpinan MPR. Namun menurut dia PDIP akan membentuk paket pimpinan MPR dengan fraksi-fraksi dan anggota DPD yang memiliki visi dan misi sama. Tapi lagi-lagi ia menolak membeberkan dengan fraksi mana PDIP akan membentuk paket pimpinan.

"Ya paling tidak paketnya itu paket yang mempunyai komitmen dan visi yang sama," tandasnya. (Rizk)