Minta 10, Ini Kursi Menteri Incaran PKB?

Wasekjen PKB beberkan pos kementerian yang diperkirakan diincar partainya
Minta 10, Ini Kursi Menteri Incaran PKB?
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah/Tempo)
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berharap diberi 10 kursi menteri oleh presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Ada sejumlah pos menteri yang diperkirakan diincar PKB, seperti bidang ekonomi masyarakat dan pendidikan.

"Mungkin di bidang yang menyangkut masyarakat banyak, pendidikan," ujar Wasekjen PKB Daniel Johan di kawasan Cikini, Sabtu (6/7/2019).

PKB sendiri telah memiliki tiga kursi menteri di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Antara lain Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari tiga kementerian, Daniel memberi kode jika partainya tak lagi menginginkan pos Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Biar dikasih ke generasi milenial lah ya," ucapnya. 

Pos Kementerian Desa masih diharapkan PKB, tapi Kementerian Tenaga Kerja tak dijawab Daniel. "Enggak tahu kalau Menaker, belum dengar. Tapi sudah berjalan sekarang kan," jelasnya. 

PKB, kata Daniel pun ingin lebih banyak berkontribusi di bidang yang berkaitan dengan urusan petani serta nelayan. Menurut dia partainya memiliki kepentingan untuk mengangkat kepentingan petani dan nelayan.

"Bisa dilihat track recordnya selama ini bagaimana PKB sangat concern dengan nasib petani. Dan yang paling penting adalah juga basis terbesar PKB petani dan nelayan," jelas dia m

Soal koperasi dan usaha kecil menengah pun termasuk bidang yang diperhatikan PKB. Sementara pos menteri yang menjadi incaran PKB adalah masalah pendidikan. Partainya sangat terhormat apabila mendapat kepercayaan menempati pos kementerian itu.

Kendati demikian, ia tak mengetahui apakah pos-pos tersebut sudah diajukan Muhaimin ke Jokowi. "Saya enggak paham secara detail, tapi kalau ditanya kementerian itu cocok dengan apa yang menjadi kepedulian Cak Imin saat ini," tandasnya. (Rizk)