Mendagri Usul Evaluasi Pilkada Langsung, Puan: Hati-hati

Ketua DPR meminta langkah tersebut tak malah membuat mundur bangsa
Mendagri Usul Evaluasi Pilkada Langsung, Puan: Hati-hati
Ketua DPR Puan Maharani bersama para wakil ketua DPR

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua DPR Puan Maharani meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berhati-hati mengenai usulan evaluasi pilkada langsung. Ia berharap Tito tak salah langkah.

Baca juga: Jokowi Bakal Bahas Usulan Mendagri Soal Pilkada Langsung 

"Ya kita lihat dulu urgensinya, apa yang disampaikan Pak Mendagri itu. Karena apa pun kita itu sudah melakukan pemilihan langsung sudah beberapa kali, dan memang banyak hal yang perlu dievaluasi. Kemudian ada urgensi tertentu itu Komisi II dan mengkaji hal itu secara hati-hati, jangan sampai kita mundur ke belakang," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menurut Puan, apabila evaluasi dilakukan, Kemendagri perlu mengkaji satu per satu kasus yang berkaitan dengan pemilu. Ia mengingatkan pengkajian tersebut harus dilakukan secara cermat serta berhati-hati

"Kita kan negara besar, 500 lebih kabupaten/kota dengan 34 provinsi, kita lihatnya case by case, dalam artian tak bisa secara menyeluruh, ada daerah yang berhasil, ada yang perlu evaluasi. Ini kita cermati secara hati-hati dan kita kaji secara hati, jangan sampai kita reaktif dan mundur ke belakang," papar dia.

Tito mengusulkan evaluasi pilkada langsung lantaran berdampak negatif, yaitu biaya politik yang tinggi sehingga rentan terjadinya korupsi. Wacana Mendagri menimbulkan pro dan kontra. Salah satu yang mendukung PDI Perjuangan (PDIP). Sementara menurut Menko Polhukam Mahfud Md, ide ini pasti akan dibahas pemerintah.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0