Mahfud MD: Biasanya Oposisi Untung

Karena menguntungkan, mantan Ketua MK sarankan parpol yang kalah Pilpres memilih oposisi
Mahfud MD: Biasanya Oposisi Untung
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD (Tribunnews)

Jakarta, Nusantaratv.com -Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyarankan pihak yang kalah di Pemilu Presiden (Pilpres) tak bergabung dengan pemerintahan baru. Sebab keputusan tersebut akan berdampak positif bagi perolehan suara partai politik (parpol) oposisi ketika pemilu. 

"Biasanya yang memilih sikap oposisi itu diuntungkan. Seperti PDIP dulu 2004 sampai 2014 oposisi total. Tidak ada orangnya yang masuk ke pemerintahan. Tiba-tiba setelah itu menang besar. Hasil pemilu DPR terbanyak. Jabatan presiden dua periode. Kader dia yang jadi," ujar Mahfud di Malang, Minggu (30/6/2019). 

Menurut dia sikap oposisi bakal menguntungkan di kemudian hari. 
Meski begitu, dirinya tak melarang apabila parpol koalisi Prabowo-Sandi akhirnya memilih bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Oleh sebab itu memilih oposisi untuk masa depan partai itu bagus. Tapi kalau mau bergabung boleh juga, siapa yang melarang," jelasnya. 

Prabowo Subianto sebelumnya telah membebaskan parpol Koalisi Adil Makmur untuk bergabung bersama pemerintahan Jokowi-Ma'ruf atau tidak. Koalisi sendiri telah dibubarkan usai putusan MK dan penetapan KPU.

Sejauh ini Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional yang memberikan sinyalemen akan merapat ke kubu petahana. (Rizk)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0