Kondisi Mimika dan Jayawijaya Pulih, Pemerintah Buka Blokir Internet

Pemerintah membuka blokir atas layanan data internet di Kabupaten Mimika dan Jayawijaya, Provinsi Papua, terhitung mulai Selasa (10/9/2019) pukul 21.00 WIT.
Kondisi Mimika dan Jayawijaya Pulih, Pemerintah Buka Blokir Internet
Pemerintah buka blokir layanan internet di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya, Papua. (Ayo Bandung)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka blokir internet di dua Kabupaten di Papua, yakni Mimika dan Jayawijaya, sejak Selasa (10/9/2019), pukul 21.00 WIT.

"Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika di Provinsi Papua yang sudah kondusif, Pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa (10/9/2019) pukul 21.00 WIT," ujar Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo dalam keterangannya.

Baca Juga: Kominfo Blokir Layanan Internet di Papua dan Papua Barat

Meski begitu, saat ini masih ada empat kabupaten/kota yang masih diblokir layanan data internetnya di Provinsi Papua, yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Begitu juga halnya dengan dua kota di Papua Barat, yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong yang masih diblokir layanan internetnya.

"Pemerintah masih terus memantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan," tegas Ferdinandus. 

Baca Juga: Ada 500 Ribu URL Sebarkan Hoaks Papua, Menkominfo: Tak Hanya Berita Bohong, Juga Menghasut

Diketahui, Kemkominfo membatasi akses internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat. Tujuannya mencegah peredaran hoaks. Kebijakan ini menyikapi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di Papua Barat dan Papua, akibat penyerangan asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, serta dugaan aksi rasisme.