Keputusan Menantu Jokowi Maju Pilkada Medan Lewat PDIP Dinilai Tepat

Keputusan Bobby disambut baik Fraksi PDIP DPRD Sumatera Utara
Keputusan Menantu Jokowi Maju Pilkada Medan Lewat PDIP Dinilai Tepat
Bobby Nasution bersama Jokowi. (Detik.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution akan maju menjadi wali kota Medan periode selanjutnya. Guna mewujudkan hal itu, ia mengambil formulir penjaringan bakal calon wali kota Medan di Sekretariat DPC PDIP Medan, Kamis (12/9/2019).

Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut yang) Fraksi PDIP Sutrisno Pangaribuan, menyambut baik keputusan Bobby. 

"Pengambilan formulir Balon Walikota Medan yang dilakukan oleh keluarga Bobby Nasution ke DPC PDI Perjuangan Kota Medan, kita sambut dan kita apresiasi," ujar Sutrisno. 

Pilihan Bobby mengambil formulir di PDIP dinilai tepat. Sebab, kata Sutrisno, Bobby mengetahui bahwa PDIP partai pemenang pemilu, dan tanpa koalisi dapat mengusung paslon sendiri.

"Maka langkah tersebut sangat tepat saya kira," ucapnya.

Sutrisno menilai, sebagai partai politik pemenang pemilu di tingkat nasional, Sumatera Utara dan Medan, PDIP lebih leluasa mengatur strategi politik, termasuk menetapkan calon kepala daerah.

Adapun PDIP, kata dia memiliki komitmen untuk mengusung pasangan nasionalis, mengakomodasi pluralitas dan peka terhadap kehendak wong cilik.

"Hal itu menjadi syarat utama kemenangan paslon yang akan diusung PDI Perjuangan di Pilkada serentak Tahun 2020," jelasnya.

Sosok Bobby Nasution sendiri, menurut Sutrisno masih sangat muda, tapi memiliki akses dan jaringan yang luas. Di PDIP, banyak kader potensial yang memiliki karakter kuat, mengakar, bukan 'yes man' yang bisa dipasangkan dengan Bobby.

"Akan tetapi PDIP harus mampu membaca kehendak akar rumput, wong cilik yang diwakilinya, dan tentu basis massa riil yang menginginkan pasangan yang sejalan dengan Jokowi," tandasnya.