Kapal Tak Lagi Ditenggelamkan, Susi: Tak Perlu Lagi Saya Bicara

Menurut dia alasan kebijakan tersebut telah lama ia utarakan
Kapal Tak Lagi Ditenggelamkan, Susi: Tak Perlu Lagi Saya Bicara
Susi Pudjiastuti

Jakarta, Nusantaratv.com - Susi Pudjiastuti menolak berkomentar lebih jauh mengenai rencana penghentian kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Baca juga: Menteri KKP: Tak Ada Lagi Penenggelaman Kapal 

Susi menyebut ia telah banyak membahas pentingnya kebijakan penenggelaman kapal pelaku pencurian ikan tersebut di media sosial Twitter miliknya.

"No comment, you buka aja Twitter saya yang lama-lama. Ada banyak policy di sana. Tidak perlu lagi saya bicara," ujar Susi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (16/11/2019) malam.

Diketahui, Susi saat menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan memiliki kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing. Kebijakan tersebut merupakan amanat Undang-Undang Perikanan, bukan kebijakan pribadi.

Penenggelaman kapal tak tanpa proses sebelumnya. Eksekusi dilakukan pasca ada putusan final pengadilan bahwa kapal tersebut harus ditenggelamkan.

Susi selalu meminta pengadilan untuk memutus agar kapal illlegal fishing ditenggelamkan, bukan disita negara dan selanjutnya dilelang. Sebab, Susi jengkel beberapa kali mendapati fakta bahwa kapal-kapal yang dilelang justru kembali ke tangan bos illegal fishing dengan memanfaatkan sistem lelang negara.

Sehingga, kapal-kapal itu kembali mencuri ikan di laut Indonesia dan lagi-lagi ditangkap petugas keamanan laut Indonesia dengan susah payah.

Saat ini, Edhy mau kebijakan penenggelaman kapal dihentikan. Edhy ingin kapal-kapal tersebut diberikan untuk para nelayan, tapi belum dijelaskan secara rinci bagaimana skemanya, termasuk nelayan mana yang berhak menerima hibah kapal tersebut.

Walau demikian, Edhy masih membuka peluang penenggelaman kapal. Tapi, hal itu hanya akan dilakukan bagi kapal illegal fishing yang mencoba kabur saat hendak ditangkap petugas.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0