Jokowi Sebut Gaji DPR Lebih Besar dari Presiden

Jokowi sebut pendapatan anggota DPR lebih besar dibanding menteri dan presiden
Jokowi Sebut Gaji DPR Lebih Besar dari Presiden
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Pembukaan Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (26/8/2019). (Elvan J Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pendapatan yang diterima anggota DPR lebih besar dibanding menteri, bahkan presiden. Hal ini disampaikan Jokowi kala memberikan sambutan dalam Pembukaan Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Saya mohon maaf, sekarang urusan income, pendapatan anggota DPR, kan juga sudah lebih besar dari menteri. Bahkan lebih besar dari presiden. Maaf kalau saya keliru," ujar Jokowi.

Jokowi lalu mengklarifikasi kabar itu secara langsung kepada anggota DPR terpilih, peserta pembekalan.

"Benar?" tanya Jokowi. 

"Enggak," jawab kompak peserta pembekalan.

Jokowi berjanji akan menghitung kembali jika keliru mengenai jumlah pendapatan anggota DPR yang lebih besar dari menteri dan presiden. Jokowi pun lantas bertanya kepada Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang turut hadir.

Menyaksikan respons Bamsoet yang memberi hormat, Jokowi yakin jika pernyataannya mengenai pendapatan anggota DPR tersebut benar adanya.

"Mestinya yang saya sampaikan tadi benar. Pak Ketua, benar? Benar. Pak Ketua sudah gini (hormat). Benar, Pak," tandasnya.