Jokowi Paksa BUMN Terima 1.000 Mahasiswa Papua

PNS asal Papua juga akan ditempatkan di provinsi lain
Jokowi Paksa BUMN Terima 1.000 Mahasiswa Papua
Presiden Jokowi bersama masyarakat Papua

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memaksa BUMN menerima bekerja mahasiswa Papua yang baru lulus kuliah. Ia menargetkan seribu orang lulusan dapat bekerja di perusahaan milik negara itu.

"Akan saya paksa. Karena kalau lewat prosedur kelamaan. Sehingga kewenangan saya gunakan, untuk bisa menerima mahasiswa yang baru lulus dari papua. Siang ini saya menyampaikan 1.000 dulu," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Upaya ini menjawab pertanyaan mahasiswa Papua di luar negeri yang sempat ditemui Jokowi. Menurut Jokowi, mahasiswa Papua di luar negeri pernah mengeluhkan  
akan kemana setelah lulus kuliah. Keluhan yang sama juga ia terima dari mahasiswa daerah lain. 

"Banyak yang bertanya, 'Pak kalau sudah lulus mau ke mana'. (Saya jawab) 'Ya kembali ke Papua'. 'Terus kerja di mana? Ini pertanyaan bukan anak muda Papua saja tapi juga provinsi lain. Inilah pekerjaan besar kita, papar Jokowi.

Bukan hanya itu, Jokowi juga akan melakukan penataan PNS asal Papua di pemerintahan. Akan ada penempatan PNS asal Papua di provinsi-provinsi lain.

"Termasuk eselon I, II, III akan kita atur. Kalau tidak lewat proses percepatan, afirmasi seperti itu memang ya apa ya kita ini memang kompetisinya ketat sekali. Dan keluhan ini disampaikan ke saya disampaikan provinsi-provinsi lain utamanya dari luar Jawa. Dan itu saya dengar," tandas Jokowi.