Jokowi Harap DPR Baru Percepat Pembuatan UU

Menurut Jokowi proses pembuatan UU yang lama tak senafas dengan era revolusi 4.0
Jokowi Harap DPR Baru Percepat Pembuatan UU
Presiden Jokowi di Pembukaan Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024, Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (26/8/2019). (Elvan J Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap DPR periode 2019-2024 bekerja sama secara lebih baik dalam pembuatan regulasi. Ia ingin pembuatan undang-undang bersama legislatif lebih cepat prosesnya.

"Mohon maaf, saya melihat, kita ingin semua regulasi bisa dikerjakan cepat mohon maaf, mohon maaf, saya lihat masih dalam urusan regulasi kita pakai pola lama yang berpuluh tahun tak diubah. Sejak orde baru yang namanya buat UU masih bertele-tele, mohon maaf saya merasakan," ujar Jokowi di Pembukaan Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024, Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Menurut dia pembuatan regulasi yang memakan waktu lama, bertentangan dengan era perkembangan zaman kekinian. Terutama pada masa revolusi 4.0.

"Hal-hal seperti ini menyebabkan kita harus bekerja lebih cepat dan responsif. Karena, semua negara berkompetisi, semua negara ingin jadi pemenang," kata Jokowi.

Atas itu, Jokowi meminta adanya evaluasi terhadap proses pembuatan undang-undang. Ia ingin waktu yang ditempuh dalam pembuatan regulasi lebih singkat, namun tak mengabaikan kualitas yang dihasilkan.

"Ya maaf, apa bisa dievaluasi agar lebih cepat? Tanpa mengurangi ketelitian kecermatan kita membuat UU sehingga kualitasnya semakin baik," tandas mantan Wali Kota Solo.