Istana Pastikan Posisi Wamendikbud dan Wakil Panglima TNI

Fadjroel memastikan posisi wamen bukan bagi-bagi jabatan ke pendukung Jokowi
Istana Pastikan Posisi Wamendikbud dan Wakil Panglima TNI
Fadjroel Rahman

Jakarta, Nusantaratv.com - Juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, membenarkan adanya penambahan wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju. Sejauh ini wamen yang akan diangkat ialah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) serta Wakil Panglima TNI.

Baca juga: Rencana Tambah 6 Wamen, Jokowi: Belum

Wamendikbud hadir sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara Wakil Panglima TNI sesuai Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Di luar Wamendikbud dan Wakil Panglima TNI, menurutnya belum ada pembahasan. Kendati Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa ada rencana penambahan enam wamen. 

"Jadi (Perpres) yang sudah terbit kami akan proses secepatnya (pemilihan wamen), ini masih dalam proses," ujar Fadjroel usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11).

Fadjroel tak memastikan kapan pemilihan dan pengangkatan dua pejabat tersebut. 

"Itu semua Pak Presiden yang menentukan. Tetapi dari Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) yang bakal memprosesnya," jelasnya.

Fadjroel menolak berkomentar mengenai peluang Wamendikbud berasal dari Muhammadiyah. Ia pun membantah jabatan tambahan diadakan untuk bagi-bagi jabatan kepada pendukung pemerintah. 

"Jadi nanti tidak dilihat pada siapa, berasal dari mana. Mudah-mudahan yang dipilih adalah yang terbaik, percayalah," tuturnya.

Fadjroel menegaskan, pertimbangan Jokowi menambah wamen lantaran kebutuhan masing-masing kementerian. "Semuanya pasti menunjuk pada tugas khusus atau prioritas," tandasnya.

​​​​​​



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0