Ini Syarat Prabowo Mau Koalisi dengan Jokowi

Sejumlah syarat diungkapkan Amien, apabila Prabowo harus berkoalisi dengan Jokowi-Ma'ruf
Ini Syarat Prabowo Mau Koalisi dengan Jokowi
Prabowo dan Jokowi ketika bertemu di Stasiun MRT Jakarta
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengungkapkan kemungkinan Prabowo Subianto berkoalisi dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Asal, sejumlah syarat dipenuhi.

"Kalau memang harus betul-betul untuk kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kedaulatan air, memperkuat ketahanan bangsa, perbaikan kekuatan militer kemudian pro kepada rakyat dan pro pasal 33 tahun 1945 maka semua bisa dipertimbangkan kalau mau rekonsiliasi," ujar Amien memaparkan hasil pertemuannya dengan Prabowo di kediaman Anggota Dewan Pembina Gerindra Maher Algadri, Jakarta, Selasa, (16/7/2019) malam.

Dalam pertemuan sekitar 25 menit, kata Amien sejumlah hal disampaikan Prabowo. Khususnya mengenai arah politik ke depan dan pertemuannya dengan Jokowi di Stasiun MRT Jakarta.

Amien menegaskan, jika kebijakan politik Jokowi tidak seirama dengan yang diinginkan Prabowo, maka mantan Danjen Kopassus memilih menjadi oposisi. Namun, sikap Gerindra baru akan ditentukan usai pertemuan dengan jajaran Dewan Pembina Partai Gerindra, Rabu (17/7/2019) malam. "Kita tunggu saja hasil dari Dewan Pembina Gerindra itu," tandas Amien. 

Sebelumnya Prabowo bertemu dengan Jokowi untuk pertama kali usai Pilpres 2019 di Stasiun MRT Jakarta. Dalam pertemuan Prabowo mengatakan siap membantu pemerintahan mendatang jika diperlukan. Kendati begitu, Gerindra menegaskan jika pernyataan Prabowo bukan berarti partai tersebut menjadi bagian dari koalisi Jokowi-Ma'ruf. Karena menurut mereka membangun bangsa bisa melalui posisi apapun, termasuk menjadi oposisi. (Rizk)