Diminta Bangun Istana Presiden di Papua, Jokowi: Ya, Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membangun Istana Presiden di Papua, tahun depan.
Diminta Bangun Istana Presiden di Papua, Jokowi: Ya, Tahun Depan
Jokowi diminta tokoh adat Papua bangun Istana Presiden di Bumi Cendrawasih. (Rahmat/Humas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membangun Istana Presiden di Papua, tahun depan. Permintaan ini berasal dari tokoh adat Papua Abisai Rollo.  

Presiden Jokowi, pada Selasa (10/9/2019), mengundang sejumlah tokoh adat dan agama Papua serta Papua Barat ke Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang menjadi permintaan tokoh-tokoh tersebut.

Salah satunya dilontarkan Abisai Rollo yang meminta pemerintah membangun istana di Jayapura. Abisai bahkan bersedia menyediakan lahan untuk pembangunan istana di Bumi Cendrawasih itu.

Baca Juga: Makan Siang dengan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri 2019, Ini Pesan Damai Presiden Jokowi untuk Papua

"Saya Abisai Rollo menyumbangkan kepada negara tanah 10 hektare untuk dibangun Istana Presiden Republik Indonesia. Sehingga perjalanan bapak Presiden ke Papua berubah dari berkunjung menjadi berkantor," ujar Abisai, di Istana Negara, Jakarta, dikutip Sindonews, Selasa (10/9/2019).

Terkait permintaan itu, Presiden Jokowi mengatakan akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan para menteri agar keputusannya tidak keliru. "Nanti saya ngomong ya duitnya enggak ada. Ya jadi mulai tahun depan istana dibangun," imbuh Kepala Negara.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Ini Saran Dekan UI

Diakuinya, pembangunan Istana Presiden sulit terwujud karena dihadapkan pada kendala lahan. "Ini kan di sana yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi sudah disediakan. Benar? 10 hektare gratis? Gratis? 10 hektare benar? Sudah ada? Ooh punya Pak Abisai Rollo. Hari ini de facto sudah diserahkan," tukas Presiden RI ke-7 itu.