Dianggap Pemersatu, Megawati Tetap Jadi Ketum PDIP Selanjutnya

Dianggap Pemersatu, Megawati Tetap Jadi Ketum PDIP Selanjutnya
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Jakarta, Nusantaratv.com - Politisi senior PDI Perjuangan (PDIP) Pramono Anung menegaskan Megawati Soekarnoputri bakal tetap menjabat ketua umum (ketum) periode berikutnya. Tapi Pramono mengungkapkan, dalam rencana percepatan kongres pada 8-10 Agustus di Bali ada wacana menunjuk ketua harian atau wakil wakil ketua umum, untuk melaksanakan tugas harian DPP PDIP. 

"Memang ada wacana apakah nanti ada ketua harian maupun wakil ketua umum. Mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," ujar Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Menurut Pramono, para kader PDIP masih membutuhkan sosok Megawati untuk memimpin partai. Sebab putri mantan Presiden Soekarno itu merupakan sosok pemersatu di PDIP.

"Memang Ibu Mega sebagai pemersatu dari partai yang mempunyai ideologi, sehingga memang dengan demikian kenapa sampai hari ini dan tentunya dalam kongres nanti kemungkinan besar Ibu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi ketua umum," tuturnya.

Pramono memprediksi pemilihan Megawati sebagai ketua umum selanjutnya kemungkinan berlangsung secara aklamasi.

"Oh iya dan pasti, kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres, kemungkinan besar akan aklamasi," kata dia.

Untuk nama calon ketua harian maupun wakil ketua umum, Pramono enggan menyampaikan. Menurut dia, calon kedua posisi nantinya diusulkan para kader. 

"Ya kan nanti dalam proses ini kan diusulkan oleh daerah dan cabang-cabang," tandasnya. (Rizk)