Beres Susun Kabinet, Jokowi Akui Mayoritas Menteri dari Profesional

Jokowi telah rampungkan penyusunan kabinet yang kebanyakan menterinya berasal dari profesional
Beres Susun Kabinet, Jokowi Akui Mayoritas Menteri dari Profesional
Presiden terpilih Jokowi

Jakarta, Nusantaratv.com -Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah selesai menyusun kabinet pemerintahan mendatang. Pengumuman nama-nama menteri, menurutnya bisa dilakukan kapan saja.

"Bisa segera diumumkan, karena pasar juga sudah menunggu untuk kepastian," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Jokowi mengungkapkan, sebanyak 55 persen dari jumlah menteri berasal dari kalangan profesional. Sisanya merupakan usulan partai politik (parpol). Ketika ditanya, apakah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusungnya dan merupakan pemenang pemilu legislatif akan mendapat jatah terbanyak, Jokowi menjawab diplomatis. "Nanti kalau paling sedikit, ditanyakan lagi, kenapa paling sedikit?" ucapnya. 

Jokowi menjelaskan, kabinetnya merepresentasikan semangat kebangsaan. Di samping perwakilan parpol, mantan Wali Kota Solo tururt mempertimbangkan faktor daerah, agama, gender, latar belakang organisasi kemasyarakatan, dan usia dalam menentukan calon menteri. Upaya kaderisasi pemimpin masa depan juga menjadi bagian penting dalam penyusunan kabinet.