Amien Rais Minta Jokowi Urus Papua Ketimbang Ibu Kota

Demi NKRI, Jokowi disarankan fokus urus Papua
Amien Rais Minta Jokowi Urus Papua Ketimbang Ibu Kota
Amien Rais bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tak fokus pada rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Menurutnya Jokowi seharusnya berkonsentrasi menangani masalah masyarakat Papua. 

"Kita terhenyak, tersentak dan tersadarkan bahwa di Papua dan Papua Barat ada sebuah katakanlah gejolak, sebuah fenomena amat sangat memprihatinkan. Ini harus didahulukan untuk diselesaikan oleh Pak Jokowi dan teman-teman yang sekarang sedang berkuasa," ujar Amien di milad ke-21 PAN di Pluit, Jumat (23/8/2019).

Menurut Amien, permasalahan yang terjadi hari ini merupakan akumulasi dari ketidakadilan yang selama ini dialami warga Papua. Antara lain ketidakadilan dari masalah lingkungan, kesejahteraan, hingga perlakuan diskriminatif rasial.

"Luar biasa permasalahan dari waktu ke waktu itu kan diabaikan tidak pernah diurus dengan sungguh-sungguh. Nah kemudian sekarang ditambah lagi, jadi sudahlah," tuturnya. 

Amien mengatakan, saat ini yang terpenting ialah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Papua di dalamnya. Sebab saat ini sudah ada gerakan yang mendorong untuk referendum agar Papua memisahkan diri dari Indonesia ataupun tetap menjadi bagian NKRI. 

"Pak Jokowi jangan kemaruk punya ibu kota, jangan. Jangan macem-macem, yang lain bisa ditunda tapi tolong Papua jangan sampai terlambat," kata Amien.