Polisi Ungkap Jaringan Penipuan Daring Dikendalikan dari Penjara

Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andryansyah Rithas Hasibuan mengatakan modus operandi yang dilakukan tersangka adalah menawarkan mobil secara daring dengan harga...

Aparat Polres Klaten, Jawa Tengah membongkar kasus penipuan daring yang dilakukan sindikat lintas provinsi. Bahkan otak dari aksi ini dikendalikan dari dalam lembaga pemasyarakatan. Polisi telah mengamankan dua dari tiga orang tersangka.
 
Kedua tersangka yang sudah diamankan pihak kepolisian masing masing Firmansyah dan Musa Khadiem Al Jufrie. Sedangkan satu tersangka lainnya yakni Danil Ibrahim masih berada di dalam lapas. Ketiga tersangka merupakan warga Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andryansyah Rithas Hasibuan mengatakan modus operandi yang dilakukan tersangka adalah menawarkan mobil secara daring dengan harga murah. Salah satu korbannya yakni Agung Wibowo warga Klaten, Jawa Tengah telah mentransfer uang Rp100 juta namun mobil yang dimaksud tidak ada.
 
Sadar telah ditipu korban kemudian melaporkan kejadian itu ke polisi. Para tersangka berhasil diringkus petugas bersama barang bukti berupa uang Rp100 juta, ponsel, buku tabungan dan bukti transfer. 
 
Sementara itu salah satu tersangka Musa Khadiem Al Jufrie mengaku mendapatkan ide menipu melalui online dari salah satu tersangka lain yang masih berada di dalam lapas. Rencananya uang hasil menipu akan dibagi rata bertiga.
 
Atas perbuatan mereka para tersangka dijerat pasal 378 junto pasal 55 KUHP atau pasal 372 KUHP junto pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Nusantara Malam hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Malam setiap hari Senin - Jumat jam 22.00 WIB hanya di Nusantara TV
 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK