Pimpinan Suzuki Mundur di Usia 91 Tahun

Dia Menyerahkan Tampuk Pimpinan Kepada Anaknya Toshihiro Suzuki.

Osamu Suzuki. (CNBC)

Nusantaratv.com - Pimpinan Suzuki Motor Corp Osamu Suzuki mengumumkan pengunduran dirinya pada Juni mendatang saat usianya tepat 91 tahun.

Dia akan menyerahkan tampuk pimpinan kepada anaknya Toshihiro Suzuki, yang telah menjadi presiden dan CEO untuk memegang kendali perusahaan.

Osamu mengatakan dirinya mengundurkan diri guna memberikan kesempatan kepada pimpinan baru untuk mengambil tantangan ketika pabrikan Jepang itu beralih ke kendaraan listrik, serta untuk menghadapi persaingan dari perusahaan seperti Apple dan Tesla.

Dia menegaskan dirinya akan terus bekerja dengan perusahaan sebagai penasihat. "Saya tidak akan melarikan diri atau bersembunyi," kata Osamu, dikutip dari Carscoops, Sabtu (27/2/2021).

Dia menambahkan dirinya akan tetap aktif di perusahaan yang berdiri sejak 1909 itu. Jebolan Chuo University itu sebelumnya berulang kali menyatakan dia tidak akan pensiun seumur hidup.

Osamu mulai bergabung dengan Suzuki sejak 1958, dan menjabat sebagai presiden dan CEO perusahaan sejak 1978. Di masa kepemimpinannya, dia membuat keputusan penting dimana Suzuki memasuki pasar India. 

Dan, keputusan itu sangat tepat. Pasalnya, Maruti Suzuki India Ltd (di mana Suzuki adalah pemegang saham mayoritas) tumbuh pesat di negara Bollywood itu.

Sementara itu, Toshiro Suzuki mengatakan perusahaan fokus pada dorongan global menuju emisi yang lebih rendah. "Karbon netral adalah fokusnya sekarang. Suzuki tidak boleh ketinggalan tren global ini," imbuhnya.

Produsen mobil terbesar keempat Jepang itu baru-baru ini mengumumkan mereka akan menginvestasikan 1 triliun yen (hampir 10 juta dolar AS), sebagian besar untuk teknologi elektrifikasi, selama lima tahun ke depan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK