Piala Dunia Catur 2021, Susanto Positif Covid-19, Irene dan Medina Mundur

Susanto dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes Panitia saat sedang bertanding melawan unggulan kedua dari AS GM Fabiano Caruana pada babak kedua

Tiga pecatur terbaik Indonesia yang berlaga di Piala Dunia Catur FIDE 2021, GM Susanto Megaranto (kiri), GMW Medina Warda Aulia (tengah) dan GMW Irene Kharisma Sukandar (kanan)/ist

Sochi, Nusantara TV-Pecatur putra terbaik Indonesia Grand Master (GM) Susanto Megaranto harus mengubur impiannya untuk bisa terus berkiprah di Piala Dunia Catur FIDE 2021 yang berlangsung di Sochi, Rusia. Susanto dicoret oleh Panitia setelah terkonfirmasi positif covid-19. 

Peristiwa naas tersebut terjadi saat Susanto sedang bertanding pada babak kedua melawan unggulan kedua asal Amerika Serikat GM Fabiano Caruana (2820), Jumat (16/7/2021).

Mengetahui Susanto dicoret karena positif covid-19, dua pecatur Indonesia lainnya yang bertanding di kelompok putri yakni Grand Master Wanita (GMW) Irene Kharis Sukandar dan GMW Medina Warda Aulia yang juga berhasil melaju ke babak kedua Piala Dunia Catur FIDE 2021, memutuskan mengundurkan diri.

"Yang positif covid-19 GM Susanto Megaranto dan MI Ervan Mohamad. Irene dan Medina tidak positif covid-19. Mereka memutuskan mengundurkan diri karena rekan-rekan setimnya positif covid-19 berdasarkan hasil tes dari Panitia," ungkap Sekretaris Jenderal PB Percasi Henry Hendratno saat dikonfirmasi nusantaratv.com.

"Selain para atlet, pelatih tim Catur Indonesia di Piala Dunia Catur FIDE 2021 Kristianus Liem juga dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes dari Panitia," imbuhnya.   

Dengan dicoretnya Susanto dan Ervan serta mundurnya Irene dan Medina, maka dipastikan Indonesia tak lagi memiliki wakil di Piala Dunia Catur FIDE 2021.

Peristiwa ini cukup menyesakkan. Karena sejauh ini kiprah mereka di Piala Dunia Catur FIDE 2021 cukup gemilang. Ketiganya telah berhasil menyamai rekor yang ditorehkan GM Utut Adianto yakni lolos ke babak kedua. Utut mengukir sejarah emas itu saat tampil Piala Dunia Catur FIDE di Tripoli, Libia pada 2004.

Baca juga: Lolos ke Putaran Kedua Piala Dunia, Susanto Ulang Pretasi Utut Adianto

Susanto melaju ke babak kedua setelah menaklukan pecatur Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547) 2,5 -1,5. Sukses Susanto berhasil diikuti GMW Irene Kharisma Sukandar dengan mengalahkan pecatur Chili WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) 1,5 – 0,5. Sedang Medina membungkam pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321) dengan skor meyakinkan 2-0.

Namun saat Susanto sedang bertarung dengan unggulan kedua asal Amerika Serikat GM Fabiano Caruana (2820), Panpel langsung menghentikan pertandingan sesudah keluar hasil tes yang menyatakan Susanto positif covid-19. Saat itu laga Susanto versus Caruana baru memasuki langkah ke-15 dengan kedudukan masih cukup berimbang. Alhasil, secara otomatis Susanto dinyatakan kalah dan tersingkir.

Sementara Irene dan Medina sempat melakoni pertandingan partai pertama pada babak kedua sebelumnya akhirnya memutuskan mengundurkan diri. Irene berhadapan dengan pecatur tuan rumah Rusia, GM Valentina Gunina (2437), dan Medina melawan unggulan 6 asal India GM Dronavalli Harika (2515). Baik Irene maupun Medina sama-sama menelan kekalahan di partai pertama. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK