Ini Nama Kru Astronot Apollo 11 Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Momen bersejarah itu terjadi pada 16 Juli 1969, tepatnya lima puluh tahun lalu. Tiga astronot Amerika berangkat dari Florida ke Bulan
Ini Nama Kru Astronot Apollo 11 Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Foto: sepoeskmon.com

Jakarta, Nusantaratv.com -Momen bersejarah itu terjadi pada 16 Juli 1969, tepatnya lima puluh tahun lalu. Tiga astronot Amerika berangkat dari Florida ke Bulan, dengan menggunakan roket Saturn V dalam sebuah misi bernama Apollo 11. 

Pada akhirnya, misi luar angkasa tersebut, mengubah sejarah dan pandangan kita, untuk melihat kehidupan umat manusia dari atas angkasa.

Kala itu, pesawat luar angkasa mereka membutuhkan waktu empat hari untuk mencapai salah satu satelit Bumi. Modul bulan dari Apollo 11 yang dikenal dengan nama ‘Eagle’, menyentuh permukaan Bulan pada 20 Juli 1969. 

Lalu disusul Armstrong yang keluar beberapa jam setelahnya. Saat itu, Collins tetap berada di orbit Bulan dalam modul komando bernama Columbia. Hal itu sebagai satu-satunya cara mereka agar dapat kembali ke Bumi.

“Mereka tahu, saya tahu, jika mereka tidak bisa turun karena suatu alasan, tidak ada lagi yang bisa saya lakukan,” kata Collins kepada wartawan di New York pada Mei saat rangkaian acara.

Sayangnya, hanya dua anggota kru yang masih hidup hingga saat ini, yaitu Edwin atau Buzz Aldrin dan Michael Collins. Sang komandan, Neil Armstrong, yang terkenal sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, telah terlebih dahulu meninggal dunia pada tahun 2012 lalu.

Dilansir dari laman NASA, Aldrin dan Collins akan bertemu di pad 39A Space Center Kennedy, untuk merayakan 50 tahun misi Apollo 11. Ini merupakan awal dari rangkaian acara peringatan Apollo 11 selama seminggu penuh. Acara tersebut juga mencakup kunjungan ke Museum Dirgantara dan Luar Angkasa yang memamerkan baju astronot milik Neil Armstrong.

Tak hanya itu, NASA juga mengajak warganet untuk merayakan 50 tahun misi Apollo 11 ini di seluruh platform media sosial. Bahkan, Twitter memiliki ikon tersendiri untuk tagar #Apollo50th yang menampilkan ikon bulan sabit dengan gambar astronot. Sementara itu, Google pun memberikan konten khusus Apollo 11 dalam pameran virtual di situs Seni dan Budaya. 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0