Pesan Hari Pendidikan Nasional 2021, Jokowi: Siswa Harus Tetap Semangat Belajar

Jokowi optimis pandemi akan segera berlalu dan para siswa dapat kembali melakukan belajar tatap muka

Presiden Joko Widodo/ist

Jakarta, Nusantara TV-Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan khusus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 2 Mei buat para  siswa di seluruh Indonesia. Jokowi meminta para siswa tetap semangat belajar menimba ilmu dan tidak lunglai karena pandemi covid-19 yang telah mengungkung dunia selama lebih dari satu tahun. 

Pesan khusus itu dituliskan Jokowi dalam unggahan di akun Instagram resminya @jokowi, Minggu (2/5/2021).

"Setahun lebih dunia terkungkung pandemi, tapi semangat belajar anak-anak kita jangan pernah lunglai. Semoga masa-masa sulit ini segera usai, dan kita semua bertatap muka lagi," tulis @jokowi.

Terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim memimpin upacara Hardiknas yang berlangsung secara virtual, Minggu (2/5/2021) dikutip dari CNBC Indonesia.

Nadiem mengatakan, hari ini adalah sebuah momen yang tepat bagi semua pihak untuk merefleksikan kembali apa yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa yang perlu diperbaiki.

Baca juga: Benahi Pendidikan Nasional Untuk Respon Perubahan Global

"Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang," kata Nadiem.

"Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar," lanjutnya.

Nadiem menegaskan Kemendikbudristek terus melakukan transformasi untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan program Merdeka Belajar. Dikatakan ada empat upaya yang dilakukan.

"Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen," tukasnya.

Perayaan Hardiknas pada tanggal 2 Mei mengacu pada hari lahir Ki Hadjar Dewantara yang menjadi pahlawan nasional karena jasa-jasa di bidang pendidikan. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK