Perusahaan Startup Ini Promosikan Baterai Swap untuk Kendaraan Listrik

Honda Bersama Yamaha dan Piaggio Mengembangkan Baterai Swap untuk Motor Listrik.

Ample promosikan ide baterai swap untuk kendaraan listrik. (Reuters)

Nusantaratv.com - Perusahaan startup asal California, San Fransico, Amerika Serikat (AS), Ample, bakal mempromosikan ide baterai swap untuk kendaraan listrik.

Manfaat utama dari pertukaran baterai, menurut Kepala Eksekutif Ample, Khaled Hassounah, dan Presiden Ample, John de Souza, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/3/2021), yakni menghemat waktu dan biaya. Pemilik kendaraan listrik tidak akan lagi dihadapkan pada antrean panjang maupun waktu tunggu di stasiun pengisian daya. 

Dimana biaya baterai modular yang telah dikembangkan oleh Ample dapat diamortisasi selama periode waktu yang lebih lama, dan pada gilirannya dapat menurunkan biaya awal kendaraan listrik, yang sebagian besar saat ini terkait dengan paket baterai.

Hassounah maupun de Souza, mengatakan sistem mereka dapat mengganti baterai yang habis dengan baterai yang terisi penuh dalam waktu kurang dari 10 menit, dengan menggunakan proses otomatis yang 'bekerja dengan kendaraan listrik apa pun', dengan biaya 'semurah bensin'. 

Konsep penukaran baterai telah dicoba lebih dari 10 tahun yang lalu, dengan promosi besar dan mengeluarkan banyak dana, oleh startup Israel, Better Place. Perusahaan telah menghabiskan lebih dari 800 juta dolar AS (Amerika Serikat) sebelum menutup bisnisnya tersebut pada 2013 setelah gagal meyakinkan cukup banyak produsen kendaraan untuk merangkul konsep penggantian baterai ini.

Ample, yang menghadapi persaingan dari setidaknya enam startup dengan strategi serupa, telah mengumpulkan 55 juta dolar AS dari sejumlah perusahaan seperti Royal Dutch Shell Plc dan Repsol SA Spanyol, menurut situs web investor PitchBook.

Meskipun Tesla Inc awalnya menguji, kemudian menarik, terkait rencana untuk menawarkan pertukaran baterai kepada pelanggan, justru pembuat mobil listrik Nio Inc memungkinkan pelanggan menukar baterai di hampir 200 lokasi di China. 

Di sisi lain, Honda Motor Co Ltd telah bermitra dengan Yamaha Motor Co Ltd dan pembuat skuter Piaggio untuk mengembangkan baterai yang dapat ditukar untuk motor listrik.

Produsen mobil juga meluncurkan kendaraan dengan paket baterai yang lebih baik yang memberikan jangkauan lebih lama antara pengisian daya, serta waktu pengisian yang lebih pendek, yang dapat membuat penggantian baterai menjadi lama.

Hambatan yang lebih besar mungkin terjadi karena para pembuat mobil termasuk Tesla dan General Motors Co sudah memiliki atau sedang mengerjakan sistem baterai berpemilik, dan kemungkinan besar tidak tertarik untuk mendesain ulang kendaraan mereka untuk mengakomodasi baterai modular seperti yang disediakan Ample.

Hassounah mengatakan Ample bekerja setidaknya dengan empat dari 10 produsen mobil terbesar di dunia, namun menolak untuk mengungkap perusahaan tersebut. Perusahaan juga telah bermitra dengan Uber Technologies Inc di San Francisco, serta menukar baterai di Nissan Leafs.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK