Telat dan Ngobrol Saat Kapolri Beri Arahan, Kapolres Kampar Dicopot

Asep juga bakal diperiksa petugas Propam
Telat dan Ngobrol Saat Kapolri Beri Arahan, Kapolres Kampar Dicopot
AKBP Asep Darmawan saat dilantik sebagai Kapolres Kampar. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan dicopot lantaran ngobrol saat Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan arahan. Ia juga akan diperiksa petugas Propam guna ditindaklanjuti lebih jauh. 

Sementara menunggu keputusan Propam, ia digeser untuk bertugas di pelayanan Markas Besar Polri.

Perintah pencopotan Asep oleh Kapolri tertuang dalam surat telegram bernomor: ST 3094 IX KEP 2019, tertanggal Senin 18 November 2019, yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen Eko Indra Heri. 

Menurut Eko, Asep dimutasi karena berperilaku tak tepat saat Kapolri menyampaikan arahan dalam Apel Kasatwil pekan lalu. Asep bahkan sempat ditegur Idham di depan publik. 

“Ya, dicopot karena ngobrol. Nanti tindaklanjutnya, apa ada hukuman disiplin atau etik menunggu keputusan hasil pemeriksaan dan sementara dimutasikan dulu ke Mabes," ujar Eko dikonfirmasi, Senin (18/11/2019).

Posisi yang ditinggalkan Asep akan diisi AKBP Mohammad Kholid. Kholid ialah Kasubdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau. 

Informasi yang didapat, Asep bukan hanya mengobrol, tapi juga telat saat Rapat Apel Kesiagaan Kesatuan Wilayah (Kasatwil) 34 Kapolda dan 600-an Kapolres se-Indonesia di Depok, Jawa Barat, saat HUT Brimob, Kamis (14/11/2019) lalu. Karena ditambah kedapatan ngobrol, Kapolri langsung memerintahkan Propam untuk mengamankan Asep, hingga akhirnya keluar surat mutasi pencopotan.

Asep diketahui merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998. Ia baru menjabat posisi Kapolres Kampar sejak 24 September 2019. 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0