Soal Karhutla, Jokowi: Paling Benar Adalah Pencegahan Sebelum Kejadian

Presiden Jokowi mengatakan water bombing sudah digelar di lokasi kebakaran dengan mengerahkan sedikitnya 52 pesawat.
Soal Karhutla, Jokowi: Paling Benar Adalah Pencegahan Sebelum Kejadian
Presiden Jokowi meninjau Karhutla di Riau. (Oji/Humas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019). Dia menyebut bahwa yang paling benar adalah pencegahan sebelum kejadian.

Kepala Negara mengatakan sebanyak 5.600 personil tambahan sudah tiba di Riau sejak Senin (16/9/2019). Bahkan, ungkap Presiden Jokowi, water bombing sudah digelar di lokasi kebakaran dengan mengerahkan sedikitnya 52 pesawat. 

Baca Juga: Karhutla, Presiden Jokowi: Jangan Sampai Ganggu Penerbangan

"Saya sempat meninjau kesiapan operasional pesawat penyemai yang hari ini (Selasa, 17/9/2019) akan membuat hujan buatan di lapangan," tulis Presiden Jokowi melalui fanpage Facebook-nya, yang dikutip nusantaratv, Rabu (18/9/2019). 

Menurutnya, segala upaya terus dilakukan untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan di Riau dan sekitarnya. Akan tetapi, jelas mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) itu, yang paling benar adalah pencegahan sebelum kejadian. "Satu titik api muncul, langsung dipadamkan sebelum menjadi ratusan titik api," jelasnya.

Dia juga mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut ataupun hutan. "Bagi para pelaku, baik korporasi maupun individu, akan dilakukan tindakan penegakan hukum tanpa pandang bulu," tukas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.