Selundupkan Harley, Dirut Garuda Dicopot

Ari memesan Harley lewat anak buahnya
Selundupkan Harley, Dirut Garuda Dicopot
Dirut Garuda I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara. Ari diberhentikan lantaran menyelundupkan komponen sepeda motor Harley Davidson.

Baca juga: Erick Thohir Sindir Direksi yang Kritik Pemerintah di Media 

"Saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda," ujar Erick di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Menurut Erick, pembelian komponen Harley Davidson merupakan pesanan Ari melalui anak buahnya.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebelumnya menyebut telah melakukan pemeriksaan atas impor komponen motor Harley Davidson bekas dan dua buah Sepeda Brompton yang disinyalir dilakukan secara ilegal. Komponen motor dan sepeda itu dibawa masuk ke Indonesia melalui pesawat Airbus A330-900. Pesawat itu baru serta merupakan pesanan Garuda Indonesia.

Kasubdit Humas Bea Cukai Deni Surjantoro menyebut pesawat mendarat di Garuda Maintenance Facilities (GMF) pada 17 November lalu.

Setelah mendarat, pihaknya melakukan pemeriksaan dan menemukan 18 kotak bawaan penumpang.

Dari 18 kotak, 15 di antaranya berisi suku cadang motor Harley Davidson bekas dalam keadaan terurai. Sementara tiga kotak lainnya berisi sepeda Brompton.

Berdasarkan data manifest, jumlah penumpang pesawat saat mendarat sebanyak 32 orang terdiri dari 10 orang kru pesawat dan 22 penumpang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0