Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Fiji :: Nusantaratv.com

Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Fiji

Bantuan Kemanusiaan Diangkut Menggunakan Pesawat Hercules Milik TNI AU.
Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Fiji
Indonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Fiji. (KBRI Suva/Kemlu)

Jakarta, Nusantaratv.com - Indonesia merupakan sahabat bagi negara-negara di kawasan Pasifik. Banyak kerja sama maupun bantuan yang diberikan Indonesia kepada negara-negara di kawasan tersebut, salah satunya Fiji.

Indonesia melalui KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Suva telah menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi Fiji pasca Siklon Harold, pada Jumat (15/5/2020).

Bantuan sejumlah 13 ton tersebut diserahkan Duta Besar Indonesia untuk Fiji merangkap Kiribati, Nauru, dan Tuvalu, Benyamin Carnadi kepada Menteri Pertahanan merangkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Fiji, Inia Seruiratu.

Bantuan kemanusiaan yang terdiri dari tenda, makanan dan minuman diangkut menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU yang berangkat dari Indonesia pada Rabu (13/5/2020). Setelah penyerahan, bantuan akan disalurkan kepada masyarakat di Pulau Kadavu, Fiji.

Baca Juga: KBRI Teheran Gelar Pemeriksaan Virus Corona Bagi Para WNI

"Kami turut bersedih atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kami di Fiji, kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang terdampak oleh siklon Harold," kata Dubes Benyamin saat penyerahan bantuan, dikutip dari laman kemlu.go.id, Sabtu (16/5/2020).

Bukti persahabatan Indonesia dan Fiji tidak berhenti sampai di sini, diketahui pandemi virus corona (COVID-19) mempengaruhi hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Fiji.

Hal ini menyebabkan Pemerintah Fiji menutup bandaranya hingga akhir Mei 2020 yang menyebabkan tertundanya kepulangan 39 ABK (anak buah kapal) WNI (warga negara Indonesia). Pesawat Hercules yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Fiji akan kembali ke Indonesia dengan para WNI tersebut.

Bantuan kemanusiaan dan kepulangan para WNI tersebut merupakan komitmen Pemerintah Indonesia dan bukti persahabatan yang erat dengan Fiji.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0