Indonesia Darurat Kabut Asap, Apa Langkah Pemerintah?

Indonesia darurat kabut asap merupakan sebuah ungkapan di sosial media yang tengah ramai diperbincangkan. Pemerintah pun telah memperingatkan warga yang tinggal di dekat titik kabut asap untuk terus waspada.
Indonesia Darurat Kabut Asap, Apa Langkah Pemerintah?
Kabut asap yang semakin parah (CNN Indonesia)

Jakarta,  Nusantaratv.com -Indonesia darurat kabut asap merupakan sebuah ungkapan di sosial media yang tengah ramai diperbincangkan. Pemerintah pun mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi hal itu. Salah satunya memperingatkan warga yang tinggal di dekat titik kabut asap untuk terus waspada. Termasuk mengambil langkah meliburkan sejumlah sekolah karena buruknya kualitas udara. 

Pola cuaca El Nino tahun ini telah meningkatkan kebakaran musim kering tahunan, sering disebabkan oleh penebangan dan pembakaran hutan dan semak-semak untuk pertanian, termasuk perkebunan.

 Melansir Reuters pada Selasa (15/10/19), jumlah titik panas di beberapa bagian pulau Sumatra dan Kalimantan telah meningkat selama sepekan terakhir meskipun hujan turun. 

 Sebanyak 1.547 titik panas, yang mengindikasikan kebakaran atau peningkatan risiko kebakaran, terdeteksi di enam provinsi. 

Baca Juga : Korban Tewas Akibat Topan Jepang Terus Bertambah

Kabut tebal dari kebakaran telah melayang ke negara-negara tetangga pada puncak musim kemarau bulan lalu, memicu sengketa diplomatik antara Indonesia dan Malaysia.

 Beberapa sekolah yang telah diliburkan kembali normal setelah kualitas udara meningkat, ditutup kembali minggu ini. Pihak berwenang di Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan, menutup sekolah selama tiga hari sejak Senin dengan perpanjangan jika kondisinya tidak membaik. 

Jambi, kota lain di Sumatra, telah menutup kegiatan belajar mengajar ditingkat taman kanak-kanak selama tiga hari. 

"Sebagai tindakan perlindungan terhadap kabut asap, semua siswa, guru, dan pegawai administrasi didesak untuk mengenakan masker saat mereka berada di sekolah dan dalam perjalanan ke dan dari sekolah," kata juru bicara pemerintah Jambi Abu Bakar.

Selama berbulan-bulan, Indonesia telah mengerahkan ribuan personel untuk memerangi kebakaran, memanfaatkan puluhan pesawat untuk melakukan pengeboman air dan upaya penyemaian awan untuk memicu hujan. 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0